HOME » TIPS » KESALAHAN UMUM SAAT MENGGANTI GIGI

Kesalahan Umum Saat Mengganti Gigi

Senin, 09 Januari 2017 13:45

Kesalahan Umum Saat Mengganti Gigi
Foto: financialexpress.com
Editor : Ahmad Khoirudin | Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Dalam berkendara mengganti gigi pada kendaraan bertransmisi manual dapat menjadi tantangan tersendiri. Pengendara khususnya pemula sering kali melakukan kesalahan saat mengganti gigi yang menyebabkan ketidaknyamanan.

Adapun salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah mengganti gigi terburu-buru. Biasanya tindakan tersebut sering dilakukan oleh pengendara pemula yang merasa grogi atau takut tak dapat memasukkan gigi.

Padahal dengan mengganti secara perlahan, risiko gigi menyangkut atau kehilangan momentum putaran mesin dapat diminimalisir.

Kesalahan lainnya yakni meletakkan tangan di atas tuas perseneling kendaraan bertransmisi manual. Dampak yang ditimbulkan memang tak terjadi secara langsung, namun akibat adanya tekanan pada tuas perseneling, gigi transmisi akan lebih cepat habis.

Adapun kesalahan yang paling umum yakni menginjak pedal gas bersamaan dengan pergantian gigi. Tindakan ini sering dilakukan karena ketakutan kurangnya tenaga untuk mendorong putaran mesin.

Tindakan ini akan sangat mengganggu, karena mobil kehilangan momentum putaran mesin atau lebih parahnya lagi mobil meloncat karena lonjakan rpm yang tiba-tiba akibat pedal gas yang diinjak. Untuk menghindarinya, lepaskan pedal kopling secara perlahan sambil secara bertahap memberikan tekanan pada pedal gas untuk mendapatkan momen dimana tenaga telah masuk ke dalam sistem transmisi.

(kpl/fid/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-3-24
detail

BERITA POPULER