HOME » TIPS » MELIHAT KONDISI MESIN MELALUI WARNA OLI

Melihat Kondisi Mesin Melalui Warna Oli


Melihat Kondisi Mesin Melalui Warna Oli
Cara Cek Oli Mesin (Bosmobil)
Senin, 18 Februari 2013 17:50

Otosia.com - Mengetahui waktu penggantian oli mesin sangat penting untuk diketahui. Karena jika sampai telat masa penggantian, mesin akan cepat rusak. Secara umum penggantian oli mesin diukur dengan jarak tempuh kendaraan.

Dalam kaitannya dengan jarak tempuh bisa mengikuti buku panduan yang  disediakan oleh pembuat produk kendaraan. Tapi di sini juga ada cara unik untuk melihat kondisi mesin dan masa penggantian oli dengan melihat warnanya. Cara sederhana dan hemat biaya ini, bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Berikut warna oli mesin yang bisa dijadikan patokan waktu penggantian Oli.

Putih Pekat

Oli berubah menjadi warna putih susu jika tercampur dengan air. Hal ini bisa jadi karena kondisi mesin anda yang sudah kurang baik. Ada baiknya segera periksakan ke bengkel terdekat dan terpercaya, lakukan pengecekan. Jangan sungkan untuk memperbaiki sedikit saja kerusakan karena ini bisa memperkecil jumlah uang yang harus  keluarkan.

Hitam

Warna oli berubah menjadi hitam bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama akibat kendaraan telah menempuh perjalanan dengan jarak tempuh lebih jauh. Kedua karena terjadi kerusakan pada mesin. Jika hal itu terjadi disarankan untuk segera mengecek mesin mobil ke ahlinya.

Coklat agak kekuningan

Warna ini biasanya menunjukan kendaraan usai menempuh perjalanan dengan Jarak tempuh yang kurang lebih berkisar antara 1.000-2.000 km, sehingga membuat warna oli  menjadi coklat kekuningan. Jika yang terlihat adalah warna tersebut masih dapat dikatakan normal.

Cek oli mesin(kpl/rd)









APA PENDAPAT ANDA ?
2014-2-10
detail