HOME » TIPS » MENGHILANGKAN BUNYI 'SRING-SRING' PADA SEKTOR KAKI

Menghilangkan Bunyi 'Sring-Sring' Pada Sektor Kaki


Menghilangkan Bunyi 'Sring-Sring' Pada Sektor Kaki
Sistem Pengereman (otomotifnet)
Sabtu, 06 September 2014 14:14

Otosia.com - Ini jugalah salah satu komponen yang sering membuat telinga ngilu dan risih dengan suaranya. Ketika rem diinjak, suara 'sring-sring' begitu nyaring terdengar, seperti ada gesekan logam dengan logam. Titik utama masalah ini, memang biasanya disebabkan adanya gesekan logam yang cukup keras karena kampas rem yang habis, beradu dengan cakram yang juga terbuat dari besi.

Kalau dibiarkan, kerusakan dari timbulanya gesekan ini biosa saja lebih parah. Pengikisan yang tidak rata, menyebabkan permukaan cakram jadi bergelombang. Kalau diteruskan, meskipun kampas rem sudah diganti, efeknya akan muncul lagi suara-suara baru dalam jangka dekat.

Seistem Rem mobil

Apabila disc brake atau cakram ini mengalami pengikisan yang tidak rata seperti itu, langkah yang bisa dilakukan adalah melakukan pembubutan. Kalau mau yang lebih bagus, ya terpaksa beli yang baru. Untuk membuatnya kembali utuh dan suara-suara aneh itu hilang, hanya itu cara yang bisa ditempuh. Kalau tidak terlalu parah, ganti kampas rem-nya saja juga sudah cukup.(kpl/sdi)












APA PENDAPAT ANDA ?
2013-9-2
detail