HOME » TIPS » MOBIL DITABRAK, BAGAIMANA SOLUSINYA?

Mobil Ditabrak, Bagaimana Solusinya?

Senin, 25 Juni 2012 20:05



Mobil Ditabrak, Bagaimana Solusinya?
Ilustrasi tabrakan (Foto: Istimewa)

Otosia.com -

Kisah tentang mobil atau motor yang jadi korban akibat ditabrak pengendara lain sering terdengar di sekitar kita. Apalagi di tengah kemacetan, sering kali hal ini berujung cekcok dan membahayakan keselamatan, atau pemilik mobil yang menjadi korban harus gigit jari lantaran pelaku kabur begitu saja.
 
Auto 2000 dengan mengetengahkan kisah seorang member AstraWorld memiliki 4 tips yang bisa digunakan di saat-saat seperti itu.
 
1. Sebagai info, si member tadi sempat tertipu karena mengira setelah tabrakan, pelaku mau bicara baik-baik dengan terlebih dahulu meminggirkan kendaraannya di tengah lalu lintas yang padat.
 
Namun pelaku kabur sebelum korban minimal tahu nomor pelat pelaku. Oleh karena itu, sebelum melakukan pembicaraan lisan, lihat nomor polisi kendaraannya, ingat-ingat, dan catat jika Anda khawatir lupa.
 
2. Selepas tabrakan, perhatikan kerusakan-kerusakan yang terjadi pada mobil. Perhatikan juga kerusakan yang terjadi pada kendaraan yang berbenturan dengan mobil Anda. Dari sini Anda bisa mengira-ngira biaya yang harus Anda keluarkan untuk memperbaiki kerusakan.
 
3. Jangan langsung berdebat di tengah jalan. Setelah ingat dan mencatat nomor polisi kendaraan, ajaklah pelaku menepi untuk menyelesaikan masalah secara baik-baik. Penyelesaian di tengah jalan sama saja mengganggu pengguna jalan lainnya. Mereka bisa saja marah pada Anda.
 
4. Yang penting jangan panik, tetap bersikap tenang. Ada pengendara yang berupaya kabur dari tanggung jawab dengan cara lebih dahulu memasang tampang marah plus membentak-bentak.
 
Ada dua kemungkinan yang sama-sama merugikan jika kita tidak tenang, yaitu kita kalah mental dan menuruti kemauannya, atau sebaliknya, terjadi keributan yang justru tidak menyelesaikan masalah utama.
(kpl/why/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-10-10
detail