HOME » TIPS » PAHAMI CARA ISI BAHAN BAKAR YANG BENAR

Pahami Cara Isi Bahan Bakar yang Benar


Pahami Cara Isi Bahan Bakar yang Benar
SPBU Pertamina
Jum'at, 21 September 2012 14:19

Otosia.com - Dalam hal pengisian bahan bakar kendaraan baik mobil, motor dan truk pada dasarnya memiliki aturan tersendiri. Apalagi dari berkembangnya teknologi otomotif yang menganjurkan penggunaan jenis BBM yang sesuai standar.

Namun di luar itu ada beberapa hal yang terkadang tidak terlintas dalam pikiran dalam pengisian bahan bakar kendaraan. Untuk itu berikut tips cara pengisian bahan bakar yang benar yang juga berdasar teori yang berlaku dalam bisnis perminyakan:

  • Kenali ciri petugas nakal dari proses pengisian. Kebanyakan hal ini terjadi pada mobil yang mengisi BBM dengan jumlah yang banyak. Jika tangki bahan bakar dalam kondisi hampir kosong atau setengah jangan biarkan petugas memainkan tuas handle selang. Sebab handle akan secara otomatis ke posisi off apabila tangki penuh. Anda berhak melakukan teguran apabila petugas memainkan tuas saat pertama proses pengisian. 
  • Pergunakan jenis bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi atau standar yang diberlakukan pabrik dari kendaraan Anda.
  • Usahakan melakukan pengisian bahan bakar kendaraan ketika temperatur tanah dingin. Hal ini mengingat bahwa semua SPBU mempunyai tangki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin temperatur maka semakin padat berat jenis bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.

Jadi secara teori apabila Anda mengisi bahan bakar saat siang dengan suhu udara panas, bahan bakar yang diisikan ke dalam tangki kendaraan berat jenisnya lebih sedikit.

Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur jenis bahan bakar bensin, diesel dan hingga ethanol jika terjadi kenaikan suhu 1 derajat saja akan sangat berpengaruh dalam bisnis ini. Tetapi SPBU tentu tidak mau memberikan kompensasi karena perubahan temperatur tentunya.

  • Isi bahan bakar kendaraan saat tangki masih terisi setengah penuh. Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tangki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tangki. Bahan bakar memiliki sifat yang mudah menguap walau tiap jenis BBM berbeda. Terlalu banyak kandungan udara dalam tangki akan menyebabkan terbentuknya titik air pada tangki yang bisa menyebabkan karat hingga tercampur dengan BBM.
  • Usahakan jangan melakukan pengisian bahan bakar kendaraan saat truk tangki Pertamina sedang melakukan pengisi stok SPBU. Hal ini dikarenakan risiko kotoran atau endapan dalam tangki penyimpanan SPBU masuk dalam tangki kendaraan Anda. Pada saat proses pengisian ke tangki penyimpanan SPBU biasanya kotoran atau endapan dasar tangki akan teraduk dan bisa ikut tersedot pompa pengisian ke kendaraan Anda.

 (kpl/vin)










APA PENDAPAT ANDA ?
2013-7-5
detail