HOME » TIPS » SEPERTI APA SIH MOBIL IMPIAN ANDA?

Seperti Apa Sih Mobil Impian Anda?

Rabu, 09 Mei 2012 10:05



Seperti Apa Sih Mobil Impian Anda?
Ilustrasi (Foto: Nazar Ray)

Otosia.com - Membeli mobil juga memerlukan komitmen sebelum memutuskan membawanya ke garasi rumah. Anda dan mobil Anda akan sering menghabiskan waktu bersama, jadi sebaiknya Anda benar-benar menyukai mobil Anda. Sejumlah besar uang Anda menjadi taruhan, jadi sebaiknya ketika mendapatkan mobil Anda tidak kecewa belakangan hari.

Sedikitnya ada sepuluh poin panduan yang dapat memberi Anda peluang besar menemukan mobil impian Anda:

1. Tentukan jenis kendaraan yang diinginkan

Ada banyak jenis kendaraan yang dipasarkan, dan Anda akan dihadapkan pada pilihan sedan, hatchback, MPV, coupe, 4x4, pick up, kendaraan 'ramah lingkungan', mobil sports atau mungkin SUV, yang semuanya ditentukan oleh kebutuhan berkendara Anda. PAda akhirnya, tidak ada pilihan benar atau salah. Jenis kendaraan yang dipilih sepenuhnya tergantung pada kebutuhan dan anggaran individual Anda.

2. Baru atau bekas?

Mungkin sebagian besar orang ingin membeli mobil baru, lengkap dengan keharuman mobil baru yang luar biasa, tapi pada kenyataannya mobil bekas seringkali menyediakan value for money yang tinggi. Jika anda tidak dapat membeli mobil baru, cobalah cari mobil bekas dengan jarak tempuh yang lebih rendah. Namun pastikan Anda membeli mobil yang memiliki riwayat pemeliharaan yang lengkap. Riwayat pemeliharaan adalah catatan dari semua pekerjaan mekanis yang telah dilakukan atas mobil tersebut. Dan Anda harus membelinya dari perusahaan yang terkemuka.

3. Perhitungan nilai tambah

Semua mobil ditawarkan dengan beberapa tambahan. Kita tidak berbicara mengenai gantungan mobil dan tempat duduk yang empuk, tapi kita berbicara mengenai nilai tambah , seperti rencana pemeliharaan dan jaminan. Hal ini dapat sangat beragam dari satu mobil ke mobil lainnya, dan jika salah perhitungan, hal ini dapat membuat perbedaan yang besar.

Jaminan biasanya melindungi semua komponen mekanis utama pada mobil, idealnya Anda menginginkan jaminan yang tersedia dalam waktu dan kilometer yang selama mungkin.

Hal sama dapat diterapkan untuk skema layanan atau pemeliharaan, Anda menginginkannya berlaku selama mungkin, sehingga pikiran Anda tenang karena mengetahui bahwa Anda tenang karena mengetahui bahwa Anda tidak akan mengeluarkan biaya yang akan merusak anggaran bulanan Anda.

4. Cari di internet

Internet merupakan sumber informasi yang luar biasa mengenai mobil impian Anda. Cari di Google, mobil apapun yang Anda inginkan, lalu lihat hasil pencariannya. Jika mobil tersebut tidak dapat diandalkan, Anda akan menemukan keluhan para pengguna nya di situs konsumen.

Anda akan dapat membaca tinjauan yang ditulis jurnalis otomotif independen, yang dapat mengarahkan Anda ke arah yang tepat.

5. Pertimbangan

Warna merupakan hal yang sangat penting, terkait dengan nilai jual kembali. Mobil dengan warna populer mungkin lebih mudah dijual dan memiliki nilai jual kembali yang lebih baik. Saat memutuskan warna, harap diingat juga bahwa warna tertentu lebih populer di suatu negara daripada warna lain.

6. Prioritas konsumsi BBM

Sebelum menandatangani kontrak, Anda harus menyelidiki fakta dan angka. Pengisian BBM memerlukan banyak uang, seberapa ekonomiska mobil impian Anda? Mobil sports memang dapat melaju kencang seperti roket, tapi ingatlah bahwa mobil ini juga mungkin mengonsumsi bahan bakar sama cepatnya.

Sama halnya kendaraan seperti saloon atau SUV besar biasanya lebih boros daripada hatchback atau sedan kecil. Hal ini karena mobil yang lebih besar biasanya lebih berat, sehingga walaupun mobil ini sangat multiguna dan praktis, konsumsi bahan bakarnya pun lebih tinggi. Selain itu, mobil ini mengeluarkan C02 yang lebih tinggi.

7. Fitur keamanan

Ada baiknya Anda turut menimbang-nimbang fitur keamanan yang tersedia pada mobil yang bakal Anda beli. Putuskan fitur keamanan apa yang paling penting bagi Anda, dan pastikan bahwa mobil baru Anda memiliki fitur ini sebelum melakukan pembelian.

Jadi membeli mobil baru atau tangan kedua, hal yang terpenting adalah bukan seberapa bagus tampilan mobil atau apapun kedengarannya. Warna mengkilap dan interior yang menawan memang penting, mesin juga penting, namun jangan pernah lupa bahwa fitur keselamatanlah yang dapat membuat perbedaan antara hidup dan mati.

8. Memilih brand

Setelah memutuskan jenis kendaraan yang Anda inginkan, dan apakah anda akan mengambil mobil baru atau bekas, ini merupakan waktu untuk mencocokkan warna Anda dengan brand pilihan Anda. Pilihlah perusahaan yang terkemuka, perusahaan yang telah lama berdiri dan memiliki reputasi ternama dalam menyediakan produk-produk berkualitas. Anda melakukan investasi besar, jadi pilihlah perusahaan/brand yang etis.

9. Test drive

Setelah Anda membuat daftar singkat kendaraan yang diinginkan, Anda harus melakukan test drive. Pertanyaan yang paling penting yang harus anda jawab adalah: apakah saya akan merasakan nyaman dan senang menggunakan kendaraan ini setiap hari selama beberapa tahun mendatang?

Hal penting lainnya adalah melakukan test drive di jalan (jika memungkinkan) yang biasanya Anda lalui. Jika, misalnya, Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda di kota atau Anda sering melakukan perjalanan pada jalan berbatu, pastikan rute test drive Anda melalui jalan seperti ini.

Ketika Anda telah mengambil keputusan mengenai mobil yang akan Anda beli, faktor terakhir yang perlu Anda pertimbangkan adalah modelnya. Mobil biasanya tersedia dalam beberapa seri atau model. Model sesuatu seri akan berbeda dalam dalam kapasitas mesin dan tingkat spesifikasi.

Bandingkanlah model dalam satu seri secara seksama. Apakah Anda memerlukan mesin yang lebih besar (dan seringkali lebih boros)?

Apakah Anda memerlukan tingkat spesifikasi yang tinggi? Fitur keamanan apa yang ditawarkan pada model tertentu? Ingatlah, semakin besar mesin dan semakin mewah mobil tersebut, harganya semakin mahal.

Pada umumnya ada beberapa kesalahan saat orang membeli mobil:

- Terburu-buru mengambil keputusan- Melakukan pembelian hanya berdasarkan perasaan- Melebihi anggaran Anda- Hanya mempertimbangkan harga pembelian- Memilih brand murah tidak dikenal

Catatan: Menurut J.D Power and Associates, tujuh jam rata-rata yang dihabiskan tiga perempat pembeli mobil dalam mencari informasi online untuk membeli mobil baru di tahun 2008. (kpl/nzr/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail