HOME » TIPS » TIPS MENGEMUDI 'ANTI-PEGAL' ALA TOYOTA

Tips Mengemudi 'Anti-Pegal' ala Toyota

Senin, 04 Juni 2012 13:30



Tips Mengemudi 'Anti-Pegal' ala Toyota
Ilustrasi

Otosia.com - Beraktivitas nyaris seminggu penuh kadang membuat stres. Terlebih lagi ketika tersiksa akibat pegal-pegal karena harus menyetir ke sana kemari. Jika Anda salah satunya, jangan buru-buru menyalahkan mobil dan lantas perbaikan ke bengkel.

Seperti disampaikan Toyota Auto 2000, setiap pengendara memiliki kebiasaan tersendiri dalam hal ini. Misalnya, mencopot alas kaki tiap kali menyetir karena merasa adanya pemisah antara telapak kaki dan pedal agak mempengaruhi kontrol mereka terhadap posisi dan kedalaman injakan ke pedal.

Kalaupun menggunakan alas kaki, mereka lebih memilih sandal, bukan sepatu yang memaksa kaki menjadi tertutup. Itu sebabnya, mereka selalu menyertakan sandal di mobil mereka.

Menggunakan alas kaki atau tidak sebetulnya masalah masing-masing pribadi. Yang justru perlu mendapat perhatian lebih serius adalah posisi kaki di pedal. Jika sering merasa cepat pegal, bukan tak mungkin penyebabnya adalah kesalahan posisi kaki. Cobalah menerapkan tiga poin berikut:

1. Duduk dan tempatkanlah kaki di pedal dengan sudut lekukan lutut sekitar 110 derajat. Jangan terlalu membentuk sudut 90 derajat atau bahkan lurus karena ini menandakan posisi duduk yang tidak ergonomis. Maju atau mundurkan kursi untuk mendapatkan sudut yang pas dan nyaman.

2. Jangan menggantung tapak kaki atau menempelkannya di pedal jika sedang tidak menekan pedal. Saat berhenti di lampu merah (tidak menginjak pedal rem, gas atau kopling) letakkan saja tapak kaki di lantai kabin agar otot-otot kaki bisa rileks. Jangan lupa, posisi transmisi dinetralkan.

3. Pastikan punggung selalu tersandar pada kursi. Ini sangat meringankan beban tulang punggung dalam menyangga tubuh. Posisi tubuh yang terlalu ke depan tidak hanya membuat kita cepat pegal tetapi tidak baik bagi kesehatan tulang. Posisi yang tidak bersandar atau malah terlampau ke depan pun akan lebih berbahaya jika terjadi benturan. (kpl/why/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-6-16
detail