HOME » TIPS » TIPS UNIK MERAWAT KULIT JOK

Tips Unik Merawat Kulit Jok

Rabu, 13 Maret 2013 09:50



Tips Unik Merawat Kulit Jok
Rawat Jok Dengan Mudah

Otosia.com - Merawat jok umumnya mudah, khususnya pembungkus jok dari kulit sintetis atau 'calp' spon. Tidak butuh bahan khusus. Hanya syaratnya, jangan mencuci jok dengan cara menyiram air. Selain itu, hindari pemakaian semir sepatu.

"Bahan spon ini jika terkena air akan semakin mengeras. Bisa menyebabkan keretakan di bahan tersebut. Akibatnya, air akan menembus lapisan busa di salam," tutur Syafrizal, modifikator jok 'Usaha Kita' di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Sebelum membersihkan lapisan kulit jok dari bahan spon, sediakan bahan berikut. Pertama, lap kain kering bisa pula memakai lap kulit chamois. Siapkan cairan campuran minyak goreng dengan minyak tanah.

Cara terbaik, bersihkan dahulu lapisan jok dengan lap kering atau lap chamois. Sebetulnya cara ini sudah cukup. Namun bila ada noda melekat di lapisan jok, dapat dihilangkan dengan cairan campuran tadi. Caranya, teteskan cairan pada noda atau bisa juga membasahi sedikit ujung kain lap dengan cairan. Kemudian gosok secara perlahan.

"Jangan pernah memakai semir sepatu untuk mengilapkan, sebab bahan kulit jok berbeda dengan kulit sepatu, malah akan mengotori celana saat kita duduk di jok," tambah Syafrizal.

Untuk perawatan, hindari jok dari hujan dan sengatan matahari. Jika kondisi hujan, bisa segera mencari tempat berlindung. Begitu juga saat parkir, cari tempat teduh atau gunakan sesuatu untuk menutupi jok dari terik matahari. (kpl/tr/rd)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail