HOME » TIPS » TRIK MOBIL BERHENTI DI JALAN TANJAKAN DENGAN REM TANGAN

Trik Mobil Berhenti di Jalan Tanjakan dengan Rem Tangan

Sidiq | Kamis, 28 Agustus 2014 13:32

Trik Mobil Berhenti di Jalan Tanjakan dengan Rem Tangan
Rem Tangan (kiosban)

Otosia.com - Berkendara di daerah yang banyak tanjakan, tentunya memiliki tantangan tersendiri. DItambah lagi jika memang belum mahir dalam menyetir mobil, tentu akan membuat Anda harus memikirkan banyak tehnik agar mobil tidak malah mundur. Untuk itu, agar semakin aman dan nyaman di jalan, tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa trik berikut.

Trik pertama yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan rem tangan atau handrem. Caranya, hentikan mobil terlebih dahulu dengan menginjak bersamaan rem kaki dan kopling. Selanjutnya, segera tarik rem tangan untuk mengamankan posisi mobil saat di tengah tanjakan.

Honda CR-V di tanjakanJika sudah berhenti, segera netralkan gigi perseneling. Pada saat seperti ini, mobil sudah cukup aman. Tapi, kalau memang membawa beban cukup berat, Anda bisa turun dulu, atau meminta bantuan penumpang yang lain untuk memberikan ganjalan berupa batu atau apa pun pada roda-roda belakang.

Jika memang ingin berjalan lagi, langkah pertama yang harus diambil yakni memindahkan perseneling ke gigi satu terlebih dahulu. Tekan pedal gas, tekan kopling hingga mobil terasa bergetar. Jika sudah mulai aman, lepaskan rem tangan secara perlahan dengan tetap mempertahankan gas dan kopling tertahan. Lalu, bantu dengan menambah gas lebih dalam. Maka mobil akan berjalan pelan dan tidak akan mundur.(kpl/sdi)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-1-25
detail

BERITA POPULER