HOME » BERITA » 10 AKTIVITAS MENYENANGKAN DAN BERMANFAAT SELAMA PHYSICAL DISTANCING HINDARI COVID-19

10 Aktivitas Menyenangkan dan Bermanfaat Selama Physical Distancing Hindari COVID-19

Untuk mengusir bosan selama di rumah saja saat pandemi virus Corona (COVID-19), ada banyak aktivitas ringan dan menyenangkan yang bisa dilakukan.

Jum'at, 17 April 2020 08:00 Editor : Dini Arining Tyas
10 Aktivitas Menyenangkan dan Bermanfaat Selama Physical Distancing Hindari COVID-19
Olahraga (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Selama pandemi virus Corona (COVID-19) belum berakhir, warga diminta untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Hal ini untuk mencegah penularan COVID-19.

Bagi beberapa orang, berdiam diri di rumah atau beraktivitas di rumah saja akan membosankan. Maka itu, masing-masing orang perlu lebih kreatif lagi agar tak bosan tinggal di rumah sepanjang hari.

Dilansir dari Merdeka.com, ada beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan selama periode PSBB, physical distancing, social distancing, atau apapun istilahnya agar tak tertular virus Corona (COVID-19). Berikut daftarnya:

1 dari 10 Halaman

1. Membaca

Kegiatan yang dapat menghibur untuk Anda selama di rumah adalah membaca. Sama halnya seperti menonton, bahan bacaan yang dapat Anda baca selama masa karantina mandiri juga tidak perlu yang bertema terlalu berat.

Komik, buku foto, novel grafis, sampai unggahan kocak dari akun akun media sosial juga sangat bisa menjadi sarana hiburan bagi Anda selama menjalani masa karantina di rumah.

2 dari 10 Halaman

2. Meditasi dan Hypnosis

Masa karatina Anda haruslah diisi dengan kegiatan menghibur yang dapat bermanfaat bagi Anda selama di rumah. Salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan adalah meditasi dan hypnosis agar lebih mengenal karakter diri sendiri. Tidak perlu ngoyo, meditasi dan hypnosis bisa dilakukan mulai dari 5 menit per hari.

Unduh beberapa aplikasi meditasi seperti Headspace, Calm, Insight atau Simple Habit. Opsi lain yang dapat Anda lakukan adalah gunakan program meditasi dan hypnosis melalui Youtube ataupun Spotify.

3 dari 10 Halaman

3. Memasak

Memasak menjadi kegiatan menghibur yang dapat bermanfaat untuk Anda selama di rumah. Melatih diri untuk memasak tidak ada salahnya bila dilakukan. Ada banyak resep di Internet yang bisa Anda coba, mulai dari resep lokal hingga masakan Internasional.

Pilihlah resep dan menu makanan kegemaran Anda yang dapat menggugah selera makan Anda. Dibanding hanya tidur saja selama masa karantina di rumah, berkreasi melalui memasak merupakan cara yang tepat yang dapat Anda lakukan selama di rumah.

4 dari 10 Halaman

3. Bermain Game

Permainan seperti monopoli, puzzle, atau permainan lainnya yang dapat anda lakukan selama masa karantina di rumah. Selain mengasyikkan, kegiatan menghibur yang dapat bermanfaat untuk Anda selama di rumah ini juga akan mempererat momen kebersamaan keluarga Anda selama menjalani masa karantina di rumah.

Selain itu, jenis-jenis permainan tersebut juga akan bisa melatih Anda untuk fokus dan melatih kesabaran. Bagi Anda yang memiliki anak kecil, Anda juga bisa mengajarkan anak untuk bermain permainan tradisional kepada mereka.

5 dari 10 Halaman

5. Telepon Keluarga atau Teman

Menelepon sanak saudara atau keluarga maupun teman bisa Anda lakukan selama masa karantina mandiri di rumah. Selain itu, menelepon juga tetap menerapkan prinsip social distancing karena tidak perlu bertemu kontak fisik.

Media telekomunikasi ini seharusnya semaksimal mungkin untuk digunakan yang berguna untuk menanyakan kabar anggota keluarga yang lain dan teman-teman terdekat Anda dan memberi semangat kepada mereka untuk melawan pandemi virus Corona ini.

6 dari 10 Halaman

6. Menonton

Kegiatan menghibur yang dapat bermanfaat untuk Anda selama di rumah berikutnya adalah menonton. Ada banyak akses menonton tayangan saat ini. selain televisi, Anda juga bisa berlangganan tayangan streaming seperti Netflix ataupun HBO GO.

Kalau Anda kebingungan dengan algoritma video di Youtube, Anda juga bisa mengunduh aplikasi neverthink yang merupakan kurasi dari video-video di Youtube. Bagi Anda yang waktu liburannya terpaksa terganggu karena wabah virus Corona mungkin dapat menjadi salah satu alternatif untuk melawan rasa bosan.

7 dari 10 Halaman

7. Hiburan Telinga

Jika Anda merasa bosan dihibur oleh film-film pilihan Anda ataupun membaca buku, kegiatan menghibur yang dapat menghibur untuk Anda selama di rumah yang berikutnya adalah Anda bisa mencoba mendengarkan podcast ataupun buku audio.

Ada banyak beberapa podcast menarik yang dapat Anda dengarkan melalui aplikasi aplikasi seperti Spotify. Lalu bisa juga Anda mendengarkan buku melalui Audible sehingga mata tidak akan lelah.

8 dari 10 Halaman

8. Olahraga

Ada banyak ragam olahraga yang dapat Anda lakukan di rumah, apalagi yang memiliki hunian dengan halaman terbuka. Olahraga menjadi kegiatan menghibur yang dapat bermanfaat untuk Anda selama di rumah.

Sama seperti meditasi dan hypnosis, ada banyak ragam video olahraga yang bisa dijadikan acuan panduan Anda untuk berolahraga. Banyak beragam gerakan olahraga yang bisa Anda lihat melalui Youtube dan pilihlah gerakan yang mudah dan bisa dilakukan tanpa peralatan yang rumit.

9 dari 10 Halaman

9. Merapikan Tanaman

Momen di rumah saja menjadi momen yang tepat bagi Anda untuk waktunya membersihkan dan merapikan rumah Anda. Kegiatan menghibur yang dapat bermanfaat untuk Anda ini dapat dilakukan selama masa karantina di rumah, contohnya menyapu, mengepel, atau mencuci piring. Kegiatan bersih-bersih juga dapat Anda lakukan untuk membersihkan lemari pakaian, kamar mandi, dapur, ataupun kendaraan pribadi.

10 dari 10 Halaman

10. Berdonasi

Dengan peduli kepada sesama pada saat masa pandemi seperti ini, berdonasi merupakan salah satu kegiatan menghibur yang dapat bermanfaat untuk Anda selama di rumah. Berapapun nilai yang Anda berikan ataupun bentuknya, kegiatan ini menjadi kepuasaan tersendiri bagi diri Anda karena ikut membantu sesama yang sedang membutuhkan pertolongan.

BERI KOMENTAR