HOME » BERITA » 10 INOVASI TERDEPAN WULING YANG BIKIN JUALANNYA MONCER SELAMA 4 TAHUN

10 Inovasi Terdepan Wuling yang Bikin Jualannya Moncer Selama 4 Tahun

Tawaran Wuling dengan produk-produk berkualitas unggulannya serta inovasi yang tiada henti jadi sangat menggiurkan.

Minggu, 25 Juli 2021 16:15 Editor : Nurrohman Sidiq
10 Inovasi Terdepan Wuling yang Bikin Jualannya Moncer Selama 4 Tahun
Wuling Cortez CT S (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Kehadiran Wuling Motors di Indonesia memberikan angin segar di tengah gempuran mobil-mobil Jepang. Sebagai pendatang baru, Wuling seakan bikin tren sendiri dengan inovasi yang beda, atau mereka sebut dengan 'accelerate technology'.

Keberanian mereka itu masih didorong dengan harganya yang cukup kompetitif. Alhasil, tawaran Wuling dengan produk-produk berkualitas unggulannya jadi sangat menggiurkan.

Itulah beberapa dari sekian banyak alasan yang membuat penjualan mereka moncer. Sejak peresmian produksi massal pertama tanggal 11 Juli 2017, penjualan Wuling terus mengalami kenaikan.

Wuling Almaz (otosia.com)

Hanya tahun 2020 lalu, ketika pandemi Corona (COVID-19) mulai membombardir situasi ekonomi Indonesia, terpuruknya industri otomotif turut menundukkan penjualan mereka.

Tahun 2021 Wuling comeback. Dengan tawaran fitur canggih diikuti model-model baru yang tak kalah menggoda, sekaligus stimulus relaksasi PPnBM dari pemerintah, nasib Wuling kembali tumbuh signifikan dan berhasil masuk ke sepuluh besar.

Hal itu dibuktikan oleh data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Penjualan wholesales (pengiriman dari pabrik ke dealer) Wuling pada bulan Juni mencapai 2.267 unit.

Sedangkan dalam periode Januari-Juni 2021, capaiannya tembus 10.973 unit. Angka tersebut jauh melampaui kinerja periode yang sama tahun lalu dengan capaian 1.848 unit.

Infograsi penjualan (wholesales) Wuling

Dalam kurun waktu empat tahun, Wuling berhasil mencatatkan angka penjualan 60.000 unit lebih.

Itu artinya Wuling semakin dipercaya dan diminati oleh masyarakat. Di bawah ini salah satu buktinya.

1 dari 3 Halaman

Pengalaman 3 Tahun Memiliki Wuling

Wuling Confero S (Wuling)

Terjangkau tapi berkualitas, itulah kesan pertama yang otosia.com tangkap ketika berbincang dengan Bagus Setiawan, pemiliki Wuling Confero S tipe L tahun 2017. Ia meminangnya pada Januari 2018 lalu dan masih setia hingga saat ini.

Tahun 2017 lalu, Bagus berencana membeli sebuah mobil untuk keluarganya. Ia sempat ingin membeli MPV asal pabrikan Jepang, tapi urung setelah mendapatkan rekomendasi dari adiknya.

Sang adik menyodorkan sosok Wuling Confero S, model yang masih sangat baru diluncurkan. Dengan memperhitungkan harga, fitur lengkap, disertai captain seat pertama di kelas LMPV, pilihan pun jatuh pada Confero S tipe L.

"Tempat duduk yang nyaman di baris belakang dan juga fitur yang melimpah dan harga yamg lebih murah," jawab Bagus ketika ditanya mengapa akhirnya kepincut membeli Confero S.

Bangku penumpang Wuling (Wuling Motors)

Baginya, buah pembelian itu justru sangat menguntungkan. Budget yang dulunya hanya cukup untuk membeli satu MPV Jepang, justru bisa diinvestasikan sebagian untuk membeli properti sekaligus mendapatkan mobil baru.

Selama tiga tahun pemakaian, pria asal Kota Malang ini merasa sama sekali tidak kecewa. Mobil keluarga ini punya banyak sekali inovasi yang sangat sesuai dalam mendukung mobilitas keluarganya.

"Sangat worth it menurut saya, karena dengan harganya yang relatif lebih murah, material yang dipakai bagus, body lebih kuat, safety yang bagus karena sudah ada airbag, banyak fitur yang mungkin tidak didapat dengan harga yang sama di mobil lain", imbuhnya.

Terlebih lagi, sebagai mobil keluarga, poin utamanya tentu terletak pada sisi kenyamanan.

"Yang terakhir nyaman, tempat duduk belakang yang jauh lebih baik dibandingkan mobil lain yang cenderung sangat sempit," jelasnya lebih jauh.

Captain Seat Wuling Confero S (Wuling)

Ditanya soal perawatan, Bagus mengaku sangat minim mengalami masalah. Terakhir kali ia hanya menemukan head lamp mengembun. Itu pun sudah diganti dengan segera oleh Wuling Service Malang tanpa dikenakan biaya sepeser pun.

Bahkan untuk perawatan rutin, pria 43 tahun ini sangat puas dengan pelayananan dealer Wuling.

2 dari 3 Halaman

Inovasi Terdepan Wuling

Inovasi terdepan Wuling (Wuling Motors)

Perbincangan dengan Bagus kemudian merumuskan satu kesimpulan sederhana bahwa Wuling mampu memberikan inovasi yang memang dicari masyarakat. Tapi pengalaman Bagus nyatanya hanya sepenggal kisah yang cuma mencakup Confero saja. 

Melalui accelerate technology, mobil-mobil Wuling kini makin pintar dan mengerti kebutuhan penggunanya, hingga melampaui varian-varian sekelasnya. 

Lantas, apa lagi inovasi terdepan yang mereka tawarkan selama ini?

1. Turbo

Mesin 1.5 L tubocharged Wuling (Wuling Motors)

Wuling sangat identik dengan turbo, terutama untuk Almaz, Almaz RS dan Cortez CT. Ketika pertama kali Wuling memboyong Almaz ke Indonesia, jagat otomotif dibikin geger karena dengan harga Rp 300 jutaan, mobil ini sudah dibekali turbo. Padahal mobil turbo buatan Jepang umumnya dibanderol Rp 500 jutaan.

Wuling sepertinya memang enggak mau tanggung-tanggung dalam memasarkan mobilnya. Di atas kertas, mobil ini terbilang tangguh.

Jantung pacu yang dipakai memiliki kubikasi 1.500cc 4 silinder turbocharged. Muntahan tenaganya bahkan menyentuh angka 140 Hp pada 5.200 rpm dan torsi 250 Nm pada 1.600-3.600 rpm.

Nah, untuk turbonya sendiri diproduksi oleh Honeywell. Perlu diketahui Honeywell Garret merupakan pioneer di bidang industri turbocharger. Portofolionya terbesar di dunia dengan memiliki lebih dari 9000+ referensi produk.

Saking masifnya industri mereka, Honeywell Garret bahkan bisa memenuhi kebutuhan seluruh tipe kendaraan dengan lebih dari 100 aplikasi baru diluncurkan tiap bulannya.

Wuling sendiri mengklaim telah melakukan pengujian selama 10.000 jam bench test dan 300.000 kilometer lifetime test. Dengan begitu, kualitas mesinnya tidak perlu diragukan lagi.


2. Sunroof

Panoramic Sunroof Wuling Almaz (Wuling Motors)

Tidak sembarang MPV, Wuling Cortez CT dilengkapi sunroof yang biasanya dipakai oleh mobil-mobil mewah. Pada Wuling Almaz malah jauh lebih lega karena menggunakan tipe panoramic sunroof.

Kedua tipe sunroof tersebut bisa dioperasikan dengan mudah baik otomatis maupun manual.

Fitur canggih yang dipakai Almaz sendiri disebut panoramic sunroof karena memang terbentuk dari kombinasi sunroof dan panoramic roof.

Ukurannya 0,82 meter dan termasuk terbesar di kelasnya. Atau bisa dibilang 70% atap Almaz merupakan panoramic sunroof.

Selain bikin kesannya lebih luxury, pencahayaan di dalam kabin jadi sangat terang seperti tanpa penutup kabin, mulai dari kursi depan hingga baris belakang.

Kalau siang hari terlalu terik, terdapat penutup yang bisa diatur sesuai selera. Jadi, berkendara siang atau pun malam rasanya pasti menyenangkan!

 

3. Head unit terluas

Head Unit Wuling Almaz (Wuling Motors)

Ketika awal muncul ke pasaran, Wuling Almaz pernah disebut-sebut mirip Tesla, gara-gara head unit-nya yang luas. Ya, memang dengan ukurannya 10,4 inch, bisa dibilang sebagai yang terbesar sekaligus terlengkap di kelasnya.

Ada banyak hal bisa dilakukan dengan head unit sebesar itu:

a. Music Player
b. Koneksi telepon
c. Wuling Link
d. Radio
e. Pengaturan pendigin udara
f. Tire Pressure Monitoring System (TPMS)
g. Audio Setting
h. Kamera 360 derajat
i. Vehicle setting
j. General setting

Nah yang terbaru untuk varian Wuling Almaz RS, kini sudah dilengkapi dengan Internet of Vehicle (IoV) atau Internet Car.

Jadi head unit-nya bisa dipasang SIM Card sehingga mobil bisa terkoneksi dengan internet layaknya smartphone. Dengan begitu, mobil dan pengguna smartphone bisa selalu terkoneksi meski jaraknya jauh.

Fitur tambahan lainnya meliputi Online Navigation, Online Music dan Internet Messaging App.

Menariknya lagi, seperti yang sudah disebutkan di atas, Wuling menanamkaan Wuling Indonesian Command (WIND) pada head unit Almaz RS sehingga semua fitur lebih mudah dioperasikan dengan perintah suara.


4. Transmisi

Transmisi Wuling (Wuling Motors)

Wuling sudah menggunakan teknologi CVT (Continuously Variable Transmission) khusunya untuk tipe Cortez 1.5T L, Almaz dan Almaz RS. Peranti ini diproduksi oleh Bosch, salah satu merek yang punya nama besar di dunia otomotif.

Keunggulan CVT terletak pada nyamannya pergantian gigi yang sangat halus dan disebut lebih efisien bahan bakar. Penggerak utamanya berupa puli dan sabuk baja, yang bertugas mengatur perubahan rasio gigi agar sesuai dengan putaran mesin.

Seri Almaz malah lebih canggih lagi. SUV ini memakai CVT ditambah mode manual 8 percepatan.

 

5. Captain Seat

Captain Seat Wuling (Wuling Motors)

Di rentang harga Rp 200 sampai Rp 300 jutaan, terdapat 4 mobil yang memiliki fitur ini, yaitu Wuling Confero, Wuling Cortez, Toyota Sienta Welcab serta dulu ada Honda Freed.

Keunggulan lain dari produk Wuling tentu dengan joknya yang sudah dilapisisi semi kulit.

Fitur captain seat umumnya dipakai oleh mobil-mobil premium, karena memang mimiliki banyak keuntungan ketika membawa banyak penumpang.

Pertama, captain seat bikin suasana ruang kabin jadi lebih luas. Tentu hal itu disebabkan adanya celah di tengah kursi baris kedua.

Selain itu, captain seat juga mudah digeser-geser menyesuaikan posisi duduk. Makanya, penumpang akan merasa sangat nyaman dan lega serta tidak perlu takut capek ketika menempuh perjalanan jauh.


6. WIND

Ilustrasi WIND (Wuling Motors)

Wuling bikin gebrakan dengan meluncurkan voice command pertama yang bisa dioperasikan dengan Bahasa Indonesia atau disebut Wuling Indonesian Command (WIND).

Fitur ini ditanamkan terlebih dahulu ke head unit Almaz. Fungsinya sangat banyak, mulai menyalakan, mematikan atau pun mengoperasikan fitur mobil contohnya pendingin udara, jendela, dan panoramic sunroof.

WIND bahkan bisa memudahkan pengguna kendaraan untuk mengakses ragam hiburan seperti musik atau radio. Di sisi lain, pengemudi dapat melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi Wuling Link maupun TPMS.

Pengoperasian fitur WIND pada Almaz juga sangat mudah. Pengemudi cukup mengatakan 'Halo Wuling' lalu diikuti perintah apa yang ingin dilakukan. Kedua, menekan tombol di head unit dan tombol pada setir. Kata kunci ini sekaligus seperti verifikasi voice recognition untuk menggunakan WIND. Suara ini akan dideteksi oleh sistem yang kemudian akan dijawab 'Halo'.

Makanya WIND bisa jadi teman atau pun asisten ketika sedang di dalam mobil.

 

7. Fitur keselamatan komplet

Ilustrasi Hill Hold Control (Wuling Motors)

Fitur keselamatan mutlak harus ada untuk setiap mobil. Semakin komplet, maka level keselamatan penumpang pun tentu maksimal.

Wuling termasuk salah satu brand otomotif yang sejak awal meluncurkan mobil, selalu peduli soal kompleksifitas fitur keselamatan.

Contohnya pada tahun 2017, saat Confero S pertama kali menyapa publik, Wuling sudah melengkapinya dengan Tire Preassure Monitoring System (TPMS), ISOFIX, Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Apalagi untuk seri Almaz, kemampuannya jauh lebih optimal lagi. SUV ini sudah dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dan Electronic Stability Control (ESC).

Lalu masih ada kelengkapan lain seperti Traction Control System, dan Cruise Control. Yang paling baru, Wuling meluncurkan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang bikin berkendara jauh lebih advance.

 

8. Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE)

Wuling WISE (Wuling Motors)

Inilah keutamaan Wuling yang bikin mobilnya makin pintar. Seperti namanya, Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) memang dimaksudkan untuk membuat ekosistem sendiri antara pengguna dan mobil kesayangannya melalui jarigan internet. Dengan begitu, mobil akan kian mengerti pengguna, pun pengguna tidak akan susah mengoperasikan mobilnya.

Dalam sistem WISE itu terdapat Internet Car. Ini yang bikin naik mobil serasa Android berjalan karena semua fasilitas berbau internet bisa disantap pada head unit mobil, contohnya Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App. Enaknya lagi, ada perintah suara Wuling Indonesian Command (WIND) yang enggak mewajibkan penggunanya fasih Bahasa Inggris.

Selain itu, WISE masih memiliki ADAS (Advanced Driver Assistance). Ini yang paling baru dan luar biasa dimiliki Almaz RS. Bisa jadi fitur-fitur ini akan menjadi tantangan baru buat mobil produksi Jepang maupun Eropa yang sudah ada di Indonesia.

ADAS sendiri punya empat kategori, antara lain Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking (SDB) dan Vehicle Positioning.

Agar lebih mudah memahami, mari kita urutkan dan bagi-bagi masing-masing kategori ADAS.

Pertama adalah Driving Assistance. Fitur ini terbagi lagi menjadi beberapa turunan, antara lain:

a. Adaptive Cruise Control (ACC)
b. Traffic Jam Assistance (TJA)
c. Intelligent Cruise Assitance (ICA)

Kedua, ada Lane Recognition. Fitur ini memiliki beberapa pendukung:

d. Lane Keeping Assist (LKA)
e. Lane Departure Warning (LDW)
f. Bend Cruise Assistance (BCA)


Nah, selanjutnya terdapat. Safe Distance & Braking Asistance (SDB). Kalau yang ini terbagi dalam:

h. Safe Distance Warning (SDW)
i. Forward Collision Warning (FCW)
j. Automatic Emergency Braking (AEB).
k. Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA)
l. Collision Mitigation System (CMS)

Fitur-fitur di atas saling berkesinambungan menjaga mobil selalu dalam posisi paling aman demi memaksimalkan keselamatan penumpangnya. Masing-masing kegunaan fitur di atas, dapat dibaca pada tautan berikut.

Terakhir ialah Vehicle Positioning. Kalau yang ini lebih fokus pada sisi keamanan mobil. Yuk simak pembahasannya di bawah.

 

9. Fitur yang Memberikan Rasa Tenang

Fitur Vehicle Positioning (Wuling Motors)

Wuling kini punya tambahan teknologi yang tidak kalah keren. Ada Vehicle Positioning, yang siap memberikan sinyal kalau saja pemilik lupa lokasi ia memarkir mobil.

Nah, kalau misalkan parkirnya terlalu jauh maka sistem Geo-Fencing Security selanjutnya yang akan memberikan peringatan.

Di saat panas menyengat dan butuh kabin yang dingin, pengemudi tinggal mengaktifkan Vehicle Remote Control. Enaknya fitur ini bisa memanaskan mesin sekaligus mendinginkan kabin. Jadi ketika masuk kabin, mobil sudah siap jalan.

Fitur tersebut sudah tersedia pada Wuling Almaz RS. Tapi bukan berarti varian lainnya tidak menarik perhatian.

Contohnya saja Wuling Almaz non-RS, baik Smart Enjoy (MT), Smart Enjoy (CVT) dan Exclusive masih punya Immobilizer, Alarm dan Auto Door Lock.

Pun Immobilizer sudah disediakan untuk Wuling Cortez CT dan New Confero S.

 

10. Harga kompetitif

Wuling Confero S (Istimewa)

Pengalaman Bagus Setiawan di atas menjadi salah satu bukti bagaimana Wuling bisa menjadi pilihan terbaik. Bukan hanya soal fitur dan kualitas, tapi juga harganya yang kompetitif di pasaran.

Makanya banyak orang tidak ragu untuk membeli Wuling, meski statusnya masih pemain baru dalam industri otomotif Indonesia.

Terlebih lagi, penggunaan komponen lokal terus ditingkatkan sehingga harga pun makin terkoreksi. Keuntungan lainnya, New Confero dan New Confero S bahkan bisa masuk dalam kebijakan relaksasi PPnBM dari pemerintah yang membuat harganya makin ekonomis.

Belum lagi kebijakan internal Wuling. Dengan segudang fitur yang ditanamkan pada Almaz RS, SUV super canggih ini bahkan tidak sampai dibanderol Rp 400 juta.

3 dari 3 Halaman

Terus Berinovasi Bersama Indonesia

Wuling 4th Anniversary Shopping Festival (Wuling Motors)

Tanggal 11 Juli kemarin genap 4 tahun Wuling beroperasi di Indonesia. Mereka pun mengakui untuk terus gemilang di pasar Tanah Air, tidak bisa ditempuh dengan mudah membutuhkan inovasi yang berkesinambungan.

"Kami berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak termasuk karyawan, konsumen, mitra, dan media yang berkontribusi dalam perkembangan Wuling di Indonesia selama ini. Kami yakin untuk terus melangkah maju dibutuhkan inovasi untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat yang terus berkembang," tutur Han Dehong, Assistant of President Wuling Motors.

Han Dehong menambahkan, Wuling tidak ingin berhenti sampai di sini dan akan terus menyajikan beragam inovasi bersama Indonesia.

"Kami mengusung tema 'Inovasi Bersama Indonesia' dalam perayaan hari jadi kali ini sebagai perwujudan semangat Wuling untuk terus menyajikan beragam inovasi bersama Indonesia, baik dari segi produk maupun layanan," imbuhnya.

Selain itu, Wuling juga menggelar 4th Anniversary Shopping Festival dengan banyak promo dan kemudahan.

Bagi yang berminat membeli produk Wuling, berikut daftar harga terbaru Juli 2021:

Wuling Confero:

Varian/Tipe Harga
New Confero Rp 146.300.000
New Confero S Type C Lux:  Rp 169.800.000
New Confero S Type C Lux+:  Rp 171.800.000
New Confero S Type L Lux:  Rp 180.800.000
New Confero S Type L Lux+:  Rp 182,800,000
New Confero S Type L ACT Lux:  Rp 189.300.000
New Confero S Type L ACT Lux+:  Rp 191.300.000
*Termasuk dalam program kebijakan relaksasi PPnBM dari Pemerintah

 

Wuling Almaz:

Varian/Tipe Harga
Almaz RS EX 5-seater:  Rp 365,800,000 menjadi Rp 350,800,000
Almaz RS EX 7-seater:  Rp 375,800,000 menjadi Rp 360,300,000
Almaz RS Pro 7-seater:  Rp 395,800,000 menjadi Rp 379,800,000
*Mendapatkan subsidi PPnBM dari Wuling

 

Wuling Cortez:

Varian/Tipe Wuling Cortez Harga
Cortez CT S 6MT:  Rp 213.800.000 menjadi Rp 203.800.000
Cortez CT S CVT:  Rp 233.800.000 menjadi Rp 222.800.000
Cortez CT C 6MT:  Rp 242.800.000 menjadi Rp 230.800.000
Cortez CT C CVT: Rp 259.800.000 menjadi Rp 247.300.000
Cortez CT L CVT:  Rp 294.800.000 menjadi Rp 281.800.000
*Mendapatkan subsidi PPnBM dari Wuling

Pembeli juga bisa memanfaatkan beberapa tawaran program Wuling yang bisa diakses dengan sangat mudah. Apalagi buat konsumen yang beruntung bisa membeli produk Wuling dengan harga separuhnya saja.

 

1. Wuling Pay Later

Program Baru Wuling Pay Later (Instagram/@wulingmotorsid)

Layanan baru ini resmi diluncurkan pada Jumat (16/7/2021) lalu untuk memfasilitasi pembeli Almaz series. Program ini berjalan hingga 31 juli 2021 dan berlaku untuk seluruh jaringan diler resmi Wuling di Indonesia.

Konsumen kini memiliki pilihan untuk menunda pembayaran cicilan selama dua bulan pertama setelah unit dikirim kepada konsumen tanpa ada bunga tambahan.


2. Wuling Finance

Pembelian unit melalui Wuling Finance juga memiliki keuntungan lebih, contohnya free insurance atau bunga 0 persen selama 1 tahun. Wuling juga menawarkan promo khusus bebas biaya servis selama 4 tahun atau 50.000 kilometer. Seluruh program ini tentunya dijalankan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.


3. Wuling4tune Lucky Treasure

Wuling4tune Lucky Treasure (Instagram/@wulingmotorsid)

Program ini memungkinkan pembeli mendapatkan unit dengan membayar setengah harga saja dan terbuka untuk semua konsumen yang telah melakukan pemesanan (SPK) untuk semua model kendaraan Wuling dan berniat melakukan pembelian dalam waktu dekat. Tapi ada syarat dan ketentuannya lho. Cek di sini.


4. Wuling Smart Showroom

Wuling Smart Showroom (Wuling Motors)

Wuling punya cara unik, tanpa ribet bagi yang ingin tahu lebih dalam tentang produk-produk mereka.

Pelanggan dapat mengakses Wuling Smart Showroom yang tersedia di laman website Wuling Indonesia.

Di sini, konsumen bisa melihat rincian mobil yang dicari. Semua informasi tersaji secara komplet baik dari sisi varian, warna, tampilan eksterior, interior, spesifikasi sampai fitur-fitur pintarnya. Ada juga informasi soal promo serta kalkulator cicilan.

Nah, kalau penasaran banget, Kamu bisa langsung klik tombol test drive untuk segera booking tempat.

 

 

BERI KOMENTAR