HOME » BERITA » 10 MAKANAN YANG PICU KANTUK SAAT BERKENDARA

10 Makanan yang Picu Kantuk Saat Berkendara

Rabu, 30 Januari 2019 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustras tertidur saat menyetir (Royalexminer)

OTOSIA.COM - Mengantuk saat berkendara tak melulu soal lelah. Ada banyak faktor pemicunya, salah satunya adalah asupan dan jenis makanan.

Bisa jadi, Otolovers mengonsumsi makanan yang membuatmu rileks sebelum berkendara. Jadi bisa membuatmu mengantuk.

Menurut laman resmi Daihatsu, ada beberapa makanan yang mungkin perlu dihindari sebelum berkendara supaya tak mengantuk. Berikut daftarnya.

1. Nasi Putih

Nasi putih mengandung indeks glikemik yang begitu tinggi. Peneliti mengatakan, kandungan indek glikemikinilah yang menyebabkan Otolovers mudah mengantuk.

2. Roti Gandum

Roti Gandum memang cocok untuk sarapan dan membuat kadar gula naik di pagi hari. Tapi glukosa roti gandum akan cepat turun sehingga bisa membuat kamu cepat mengantuk.

3. Oatmeal

Oatmeal mampu memicu produksi insulin pada tubuh dan juga meningkatkan kadar gula. Selain itu, oatmeal juga mengandung melatonin yan gbisa membuat tubuh jadi lebih tenang. Makanya, nggak heran kalau memakan oatmeal, akan lebih cepat mengantuk.

4. Susu dan olahannya

Produk yang mengandung susu memang bisa membuat rileks dan mengurangi stres. Bahkan jika mengonsumsi susu sebelum tidur, bisa membuat tidur lebih nyenyak.

5. Ikan berminyak

Ikan berminyak ini yang dagingnya mengandung banyak minyak, seperti ikan tuna, salmon, sarden, teri, dan lainnya. Walaupun kandungan vitamin A dan D-nya bagus, ikan-ikan itu juga mengandung asam yang bisa meningkatkan produksi melatonin. Produksi asam tersebut mengurangi horman darah dan stres. Jadi, bisa juga berpengaruh pada efek kantuk.

6. Salad

Kandungan kalori salad hanya 200 kalori. Maka tak heran jika bikin cepat lapar dan bahkan gampang merasa nngantuk. Agar tak mengantuk, setelah makan salad, tambahakan protein dan karbohidrat kompleks ke dalam menu makananmu.

7. Pisang

Pisang yang mengandung vitamin B6 ini mampu merubah zat triptophan pada tubuh menjadi serotinin yang bisa membuatmu lebih santai dan rileks.

8. Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung tryptophan yang juga bisa menghasilkan melatonin sendiri. Sehingga kacang kenari juga bisa meningkatkan hormon darah menjadi naik. Makanya, bisa cepet ngantuk.

9. Almond

Almond bisa membuat irama jantung lebih stabil. Karena almond mengandung triptophan dan magnesium yang sangat tinggi. Kedua kandungan itu berungsi utnuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan perlahan-lahan akan membuat kamu cepat mengantuk.

10. Buah Ceri

Maksudnya, ceri yang berjenis ceritart ya Otolovers. Buah ceri itu mengandung melatonin yang cukup tinggi. Kalau kamu hanya memakan 1 buah ceri memang tidak berpengaruh. Tapi kalau memakan banyak, ini akan membuatmu merasa lebih rileks dan menyebabkan ngantuk.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR