HOME » BERITA » 10 MOBIL KEREN YANG TERPAKSA 'MATI' DI TAHUN 2018

10 Mobil Keren yang Terpaksa 'Mati' di Tahun 2018

Tahun 2018 jadi tahun yang kurang beruntung bagi beberapa model mobil. Sebab beberapa model mobil disuntik mati sementara, bahkan selamanya.

Selasa, 25 Desember 2018 15:15 Editor : Dini Arining Tyas
Volkswagen Beetle Final Edition (Carscoops)

OTOSIA.COM - Tahun 2018 jadi tahun yang kurang beruntung bagi beberapa model mobil. Sebab beberapa model mobil disuntik mati sementara, bahkan selamanya. Akhir tahun ini pun menjadi akhir bagi beberapa mobil dan loyalisnya harus mengucapkan selamat tinggal.

General Motors dan Ford adalah dua pabrikan yang paling banyak menyuntik mati beberapa produknya. Tapi setelah 70 tahun mengaspal dan jadi ikon pun, Volkswagen Beetle juga mengakhiri kisahnya.

Lalu apa saja mobil yang menyudahi umurnya di tahun 2018? Mengutip Zing, berikut daftarnya :

1. Volkswagen Beetle

Mobil legenda Volkswagen pun berakhir di tahun 2018. Beetle menutup perjalanannya dengan mengeluarkan Final Edition dengan tampilan yang jauh lebih modern dan tak meninggalkan karakternya.

VW Beetle tahun 2017 (Zing)

Mobil ikonik ini memiliki desain yang sangat khas dan tak terlupakan. Bahkan mobil sport Porsche 911 pun terinspirasi dari Beetle. Sangat mungkin bahwa Beetle akan terlahir kembali suatu hari nanti. Mungkin dengan powertrain listrik.

2. Chevrolet Volt

Chevrolet Volt disebut sebagai korban dari rekonstruksi radikal General Motor (GM). Sedan plug-in hybrid ini lebih mahal dan kabinnya tak nyaman. Sebagai gantinya, mobil ini sangat hemat bahan bakar dan memiliki tampilan yang menarik.

Chevrolet Volt tahun 2017 (Zing)

Sementara GM sendiri memiliki kendaraan listrik bertenaga baterai. Maka sangat dimaklumi jika Volt disuntik mati. Sejujurnya, penghentian produksi Volt ini juga amat disayangkan.

3. Ford Focus

Lebih beruntung ketimbang Chevrolet Volt, Ford Focus tak disuntik mati untuk selamanya. Tapi hanya berhenti didistribusikan ke beberapa pasar saja. Generasi pertama Focus menjadi ikon mobil keluarga Amerika Serikat, tapi generasi ketiga Focus sangat berbeda. Pengalaman berkendaranya sangat jauh di bawah estimasi, lantaran terjadi kesalahan pada powershift gearbox.

Ford Focus (Zing)

Itu mengapa Ford memutuskan untuk menghentikan produksi Focus di Amerika Utara. Ini menyedihkan karena generasi keempat Focus memiliki desain impresif tapi justru tak bisa hidup di kampung halamannya sendiri. Kendaraan ini juga tak akan lagi dijual di pasar Eropa, China, dan beberapa lainnya, kecuali Amerika Serikat atau Kanada.

4. Ford Fiesta

Sama dengan saudaranya, Fiesta juga akan diberhentikan produksinya untuk beberapa pasar, termasuk Vietnam. Persoalan powershift gearbox membuat model ini tak lagi dipercaya oleh konsumen Amerika.

Ford Fiesta tahun 2016 (Zing)

Alasan lainnya adalah tren pembelian di Amerika berbeda dengan Eropa. Konsumen Amerika lebih suka mobil besar berotot, bukan mobil compact urban. Di Vietnam, penjualan Fiesta tak memuaskan, jadi model ini juga tak lagi diproduksi di sana.

5. Alfa Romeo 4C Coupe

Alfa Romeo 4C menjadi salah satu mobil dengan model yang menarik. Modelnya coupe lebih impresif ketimbang versi Spider. Mobil ini didesain ulang dengan tujuan untuk membawa Alfa Romeo kembali ambil bagian di kelas mobil sport mewah.

Alfa Romeo 4C tahun 2015 (Zing)

Tapi sayangnya, Alfa Romeo 4C Coupe tak bisa bersaing dengan para rivalnya seperti Porsche 718 Boxster dan Cayman. Selain itu penjualannya yang relatif rendah juga menjadi alasan mengapa Alfa Romeo memutuskan model ini disuntik mati secara permanen, sementara versi Spider justru sedang dikembangkan.

6. Cadillac ATS Sedan

Selagi berencana memroduksi ATS Coupe, Cadillac juga memutuskan untuk selalu membawa serta versi ATS sedan dan ATS-V high-performance. Tapi karena kursi belakang yang tak nyaman, membuatnya tak disukai konsumen.

Cadillac ATS tahun 2016 (Zing)

Mobil itu nantinya akan digantikan oleh Cadillac 4-pintu yang disebut CT4. Cadillac ATS-V juga akan dihilangkan dari daftar produk pada 2020, setahun setelah model sedan.

7. Ford Taurus

Sama halnya dengan GM, Ford juga sedang 'bersih-bersih' produk yang tak menunjukkan karismanya selama tahun 2018. Tak mengagetkan, Ford Taurus juga masuk dalam daftar mobil yang dihapus.

Ford Taurus Limited Edition tahun 2016 (Zing)

Penjualan yang rendah dan desain yang terkikis usia adalah alasan utama model ini dibuang. Sebelum diumumkan bahwa akan berhenti diproduksi, Ford Taurus pernah memiliki sejarah indah di pasar Amerika, bahkan pernah menjadi mobil populer di negeri Paman Sam itu pada periode 1999-2000. Tapi kini saatnya untuk Taurus istirahat.

8. Chevrolet Cruze

GM menggebrak pasar dengan menghentikan produksi Chevrolet Cruze sedan. Tentu hal ini akan membuat para penggemarnya kecewa. Meskipun penjualan Cruze di Amerika tak kalah bagus dengan tahun sebelumnya, tapi angka tersebut masih tergolong kecil.

Chevrolet Cruze (Zing)

Sesuai rencana, Chevrolet Cruze akan secara resmi diberhentikan produksinya pada Maret 2019. Ini adalah bagian dari upaya GM untuk mengurangi biaya operasional.

9. Chevrolet Impala

Impala akhirnya mengakhiri kisahnya setelah memiliki 10 generasi. Meskipun masa pemberhentian produksinya masih Desember 2019, tapi mobil ini sudah mulai dikurangi mulai saat ini.

Chevrolet Impala tahun 2014 (Zing)

Impala pernah menjadi simbol gaya postwar pada tahun 1950-an. Generasi terakhirnya dirilis pada 2014 dan berusaha untuk mendapatkan kesan yang sama dengan pendahulunya.

10. Cadillac CT6

GM benar-benar menjadi pabrikan yang paling banyak membunuh modelnya. Semua versi Cadillac CT6 akan mengakhiri masanya pada 2018. Tapi unit yang tersisa masih akan dijual hingga akhir 2019.

Cadillac CT6 tahun 2016 (Zing)

Padahal Cadillac CT6 adalah model GM yang dikembangkan secara habis-habisan, tapi hanya mampu menghasilkan tiga versi. Bahkan versi large-sedan CT6 berhenti diproduksi hanya dalam waktu 4 tahun sejak dipasarkan.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR