HOME » BERITA » 10 SISTEM HIBURAN MOBIL TERBAIK, TAK ADA MEREK JEPANG

10 Sistem Hiburan Mobil Terbaik, Tak Ada Merek Jepang

Sistem hiburan pada mobil kekinia pun semakin canggih. Meski begitu tak semua merek mobil memberikan pengalaman sistem hiburan yang sama.

Selasa, 04 Februari 2020 21:15 Editor : Dini Arining Tyas
10 Sistem Hiburan Mobil Terbaik, Tak Ada Merek Jepang
Mercedes-benz MBUX (Zing)

OTOSIA.COM - Teknologi untuk mobil terus berkembang menjadi semakin canggih. Termasuk untuk sistem infotainmen alias sistem hiburannya. Rata-Rata mobil terbaru dibekali sistem hiburan yang kekinian.

Tapi, masing-masing merek mobil tentu akan memberikan pengalaman yang berbead. Menurut Zing, ada 10 sistem hiburan yang kini boleh dibilang terbaik saat ini.

Dari daftar itu sayangnya tak ada merek mobil Jepang. Tapi ada dua merek mobil Korea Selatan. Sistem hiburan mobil terbaik saat ini masih didominasi merek-merek Eropa, berikut daftarnya:

1 dari 10 Halaman

Audi MMI

10 Sistem Hiburan Mobil Terbaik, Tak Ada Merek JepangAudi MMI

Audi MMI punya desain menarik dan tajam. Sistem ini dibekali dengan knob dan touchpad yang bisa mendeteksi tulisan tangan untuk beberapa model.

Yang paling membedakan Audi MMid engan lainnya adalah layar Virtual Cockpit, yang menggantikan kluster instrumen digital yang menampilkan semua informasi, mulai speedometer hingga citra satelit Google Maps. Beberapa model baru juga didukung dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

2 dari 10 Halaman

BMW iDrive

10 Sistem Hiburan Mobil Terbaik, Tak Ada Merek JepangBMW iDrive

BMW disebut menjadi pabrikan pertama yang meluncurkan sistem hiburan yang komprehensif. BMW iDrive menggunakan kenob untuk membantu pengemudi mengakses menu utama dan submenu.

Mayoritas mobil BMW didukung dengan Apple CarPlay dan CarPlay nirkabel. Beberapa model BMW juga didukung dengan mode gesture control, untuk volume atau menjawab telepon hanya dengan melambai.

3 dari 10 Halaman

Chevrolet MyLink

10 Sistem Hiburan Mobil Terbaik, Tak Ada Merek JepangChevrolet MyLink

MyLinks memiliki kelebihan yakni besar, mudah untuk melihat teks dan ikon, dan banyak kontrol lainnya. Antarmuka mirip dengan Buick IntelliLink dan GMC.

Selain antarmuka yang intuitif, sistem ini kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Sementara itu, semua mobil GM juga dilengkapi dengan hotsport WiFi yang bisa terhubung dengan 7 perangkat.

GM pun baru-baru ini menambahkan Amazon Alexa. Selain itu, sistem hiburan MyLink juga dilengkapi dengan GM Marketplace, layanan pemesanan makanan,d an pembayaran bahan bakar langsung dari kendaraan.

4 dari 10 Halaman

Chrysler Uconnect

10 Sistem Hiburan Mobil Terbaik, Tak Ada Merek JepangChrysler Uconnect

Uconnect disebut menjadi cara cepat untuk mersakan pengalaman menggunakan mobil mewah. Uconnect menggunakan monitor layar sentuh 8,4 inci dan 12 inci untuk RAM.

Sistem ini didukung dengan tampilan yang mudah untuk dilihat, voice control, Apple CarPlay dan Android Auto. Beberapa mobil Churysler, seperti Dodge juga dibekali dengan aplikasi Performance Pages. Sedangkan Chrysler Pacifica punya tambahan sistem hiburan untuk kursi belakang.

 

5 dari 10 Halaman

Ford Sync 3

10 Sistem Hiburan Mobil Terbaik, Tak Ada Merek JepangFord Sync 3

Sistem hiburan Ford Sync 3 jauh lebih baik ketimbang MyFord Touch. Sync 3 memiliki layar sentuh yang benar-benar sensitif, menu mudah dioperasikan, dan voice command. Beberapa model juga didukung dengna konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, serta WiFi, dan Amazon Alexa untuk beberapa model.

Sync 3 akan segera digantikan oleh Sync 4, yang diberi tambahan CarPlay dan Android Auto nirkabel, serta peningkatan software. Model pertama yang akan emmakai Sync 4 adalah Mustang Mach-E.

6 dari 10 Halaman

Hyundai BlueLink

10 Sistem Hiburan Mobil Terbaik, Tak Ada Merek JepangHyundai BlueLink

Sistem hiburan Hyundai tak terlalu rumit, tapi benar-benar membantu. BlueLink bisa dioperasikan sangat cepat, menu diatur dengan rapi, dan banyak tombol analog sebagai cadangan.

Lalu juga ada monitor layar sentuh dengan resolusi sangat baik. Hyundai juga termasuk menjadi pabrikan yang sangat cepat untuk beradaptasi dengan teknologi baru.

Bahkan menajdi salah satu produsen pertama yang menggunakan Apple CarPlay, Android Auto, Amazon Alexa, dan aplikasi seluler yang memungkinkan penguncian, pembukaan kunci, dan menyalaan mobil jarak jauh.

 

7 dari 10 Halaman

KIA UVO

10 Sistem Hiburan Mobil Terbaik, Tak Ada Merek JepangKIA UVO

Seperti induknya yakni Hyundai, KIA juga memiliki sistem infotainmen yang mengesankan. Sistem hiburan UVO dilengkapi dengan kontrol analog dan layar sentuh, yang membantu pengemudi lebih mudah untuk mengontrol semua fungsi dalam mobil.

Beberapa mobil KIA sudah didukung dengan Apple CarPlay, Android Auto, dan Amazon Alexa.

8 dari 10 Halaman

Mercedes-Benz MBUX

10 Sistem Hiburan Mobil Terbaik, Tak Ada Merek JepangMercedes-Benz MBUX

MBUX sendiri adala akroim dari Mercedes-Benz User eXperience. Sistem ini pertama kali muncul pada A-Class, lalu CLA, GLB, dan model mahal lainnya.

Sistem infotainmen Mercy sebelumnya sudah mengesankan, tapi MBUX tentu lebih dari kata mengesankan. MBUX dibekali dengan natural voice assistant.

Disematkan untuk model mewah maupun mobil populer Mercy lainnya, MBUX memiliki desain yang menarik, tajam, dan efisien. Sistem itu didukung oelh Apple CarPlay dan Android Auto.

9 dari 10 Halaman

Tesla

10 Sistem Hiburan Mobil Terbaik, Tak Ada Merek JepangTesla

Seperti model muscle car, Tesla Model S dan Model X memiliki layar sistem hiburan super besar. Ukuran layar keduanya mencapai 17 inci yang memiliki semua fungsi kontrol mobil.

Sementara untuk Model 3, Tesla menggantikan digital instrument cluster dengan layar besar yang diposisikan di tengah. Pabrikan mobil listrik Amerika Serikta itu juga menggunakan mekanisme pembaruan perangkat lunak melalui jaringan untuk menambahkan fitur baru sesuai kebutuhan.

10 dari 10 Halaman

Volvo Sensus

10 Sistem Hiburan Mobil Terbaik, Tak Ada Merek JepangVolvo Sensus

Pada daftar terakhir, ada merek mobil asal Swedia yani Volv yang memiliki sistem infotainment tak kalah menarik. Memakai layar bertikal seperti tablet, sistem itu memiliki grafis yang tajam dan relatif mudah untuk dikontrol.

Volvo menjadi salah satu pabrikan mobil pertama yang memberikan dukungan Apple CarPlay dan Android Auto. Volvo berencana meningkatkan sistem ini secara menyeluruh pada beberapa tahun yang akan datang dan menggunakan sistem operasi baru berbasis Android.

BERI KOMENTAR