HOME » BERITA » 10 STATISTIK MENARIK MOTOGP SAN MARINO, DOMINASI YAMAHA

10 Statistik Menarik MotoGP San Marino, Dominasi Yamaha

Pembalap Yamaha tampak mendominasi hasil kualifikasi MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Italia. Keempat pembalap Yamaha akan memulai balapan petang ini dari posisi grid 1 sampai 4.

Minggu, 13 September 2020 14:15 Editor : Dini Arining Tyas
10 Statistik Menarik MotoGP San Marino, Dominasi Yamaha
MotoGP San Marino (Motogp.com)

OTOSIA.COM - Yamaha tampak sangat mendominasi hasil kualifikasi MotoGP San Marino di Sirkuit Misano. Starting grid MotoGP San Marino petang ini, Minggu (13/9/2020) dipenuhi pembalap Yamaha di posisi 1 hingga 4.

Sementara pembalap Pramac Racing, Francesco Bagnaia yang baru kembali setelah cedera dan pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso menjadi pembalap yang berhasil mencapai kecepatan lebih dari 300 kpj di Misano sejak 2007.

Dikutip dari Motogp.com, ada 10 statistik menarik untuk balapan hari ini. Apa saja?

1 dari 3 Halaman

1. Maverick Vinales berada di posisi 1 untuk kedua kalinya pada musim ini. Satu lainnya saat di Austria. Ini adalah pole position Vinales yang ke-11 di kelas premier, selisih satu daripada Johnni Cecotto. Pada pole position ke-10, Vinales menang dua kali (Qatar dan Prancis pada 2017).

2. Ini adalah posisi terdepan Yamaha kedua berturut-turut di Misano dan posisi terdepan ketujuh mereka sejak tahun 2007.

3. Sejak 2007, hanya 3 pembalap yang juara balapan MotoGP setelah memulai balapan di baris depan di Misano, yakni Casey Stoner (2007), Valentino Rossi (2009) dan Dani Pedrosa (2010).

2 dari 3 Halaman

4. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) akan memulai balapan dari posisi kedua, menyamai hasil kualifikasi terbaiknya sejak dia naik kelas ke MotoGP pada 2018.

5. Fabio Quartarao (Petronas Yamaha SRT) menempati front row ke-18 di MotoGP. Pada 17 front row sebelumnya, dia naik podium sembilan kali, termasuk dua kemenangan.

6. Francesco Bagnaia (Pramac Racing) dan Andrea Dovizio (Ducati Team) menjadi pembalap pertama yang mencatatkan waktu kecepatan lebih dari 300 kpj di Sirkuit Misano sejak 2007.

3 dari 3 Halaman

7. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) sudah memetik kemenangan sebanyak tiga kali di Misano, akan memulai balapan dari baris kedua. Ini adalah hasil kualifikasi terbaiknya di Misano sejak 2016. Dia menyamai kualifikasi terbaiknya musim ini setelah Andalusia.

8. dengan Vinales, Morbidelli, Quartarao, dan Rossi mengisi urutan grid 1-4, menjadi pertama kalinya ada 4 pembalap Yamaha di empat besar grid kelas premier sejak GP Portugal 1988 di Jerez. Kala itu ada Eddie Lawson, Wayne Rainey, Kevin Magee dan Christian Sarron.

9. Jack Miller (Pramac Racing) yang sebelumnya berhasil naik podium pada dua balapan berturut-turut mengisi posisi ke-5 di grid MotoGP San marino. Dia menargetkan untuk naik tiga podium berturut-turut untuk pertama kalinya sejak 2014 di Moto3.

10. Alex Rins (Suzuki Ecstar) berada di posisi ke-7 pada hasil kualifikasi untuk kedua kalinya dan berturut-turut yang menjadi kualifikasi terbaiknya.

BERI KOMENTAR