HOME » BERITA » 100 TAHUN MAZDA, BERAWAL DARI MOTOR RODA 3 SAMPAI MOBIL LISTRIK

100 Tahun Mazda, Berawal dari Motor Roda 3 Sampai Mobil Listrik

Mazda telah berusia 1 abad di dunia otomotif. Produk yang dirilis pun berevolusi sesuai zaman, mulai kendaraan niaga, mobil sport, hingga mobil listrik.

Jum'at, 31 Januari 2020 12:15 Editor : Cornelius Candra
100 Tahun Mazda, Berawal dari Motor Roda 3 Sampai Mobil Listrik
Mazda (Mazda)

OTOSIA.COM - Pada 30 Januari 2020 kemarin, Mazda telah genap berusia 100 tahun. Kisah mereka di dunia otomotif berawal dari naiknya Jujiro Matsudo menjadi presiden perusahaan di 1921 dan mengubah bisnisnya menjadi produsen mesin.

Berselang 1 dekade, Mazda akhirnya memperkenalkan kendaraan pertamanya, sepeda pengangkut barang roda 3 bernama Go. Model ini populer dengan cepat dan membuat mereka mengembangkannya selama beberapa tahun.

1 dari 4 Halaman

Mazda Go

Mengutip dari Carscoops.com, pengembangan paling besar pada Mazda Go ialah penggunaan tranmsisi 4-speed. Hadirnya komponen tersebut membuat konsumsi bahan bakar kendaraan ini menjadi 20% lebih hemat.

Di masa perang dunia, mereka sempat berhenti dan membuat senjata. Beberapa bulan setelah Hiroshima dijatuhi bom atom, Mazda kembali melanjutkan produksi Mazda Go dan beberapa kendaraan niaga.

2 dari 4 Halaman

Mazda R360

Memenuhi ambisinya, di tahun 1960 Mazda akhirnya merilis mobil pertamanya yang dikenal dengan nama R360. Model ini merupakan pembuka jalan mereka di dunia otomotif Jepang.

Pada 1967, Mazda meluncurkan salah satu mobil ikoniknya, yaitu Mazda 110 S atau Cosmo Sport. Ini merupakan produk pertama mereka yang mengusung mesin rotary. Model itu sangat revolusioner, unik, dan bertenaga di masanya.

3 dari 4 Halaman

Mazda 110S Cosmo Sport

Kehadiran Mazda Cosmo Sport dengan mesin rotary membuat pabrikan berlogo "M" ini populer. Penjualan sport car itu pun melejit, lebih dari 2 juta unit sebelum produksinya dihentikan pada 1995.

Mazda kembali mencoba meneruskan mereka bersama mesin rotary dengan merilis Mazda RX-7 di tahun 1978. Kemudian, beberapa model ikoniknya menyusul, seperti Mazda MZX-5 di 1989 dan Mazda 6 pada 2002.

4 dari 4 Halaman

Mazda MX-30

Momen bersejarah Mazda lainnya ialah sempat berkolaborasi dengan merek asal Amerika Serikat, Ford. Di tahun 1991, pabrikan yang berpusat di Hiroshima itu sempat memenangkan ajang balap ketahanan 24 Hours of Le Mans.

Tahun ini, di usianya yang sudah 1 abad, Mazda secara resmi mulai memasarkan mobil listrik pertamanya Mazda MX-30. CEO Mazda, Akira Marumoto, bahkan sudah merencanakan langkah perusahaannya untuk 100 tahun berikutnya.

BERI KOMENTAR