HOME » BERITA » 2 FAKTOR PENGHAMBAT HYUNDAI YANG TAK KUNJUNG BOYONG CRETA KE INDONESIA

2 Faktor Penghambat Hyundai yang Tak Kunjung Boyong Creta ke Indonesia

Selasa, 02 April 2019 09:15 Editor : Ahmad Muzaki
Hyundai Creta (Motorbeam)

OTOSIA.COM - Hyundai India, belum lama ini memang telah memastikan akan menghadirkan versi penyegaran dari Hyundai Creta. Beberapa perubahan dari Hyundai Creta tersebut antara lain berfokus pada keamanan, keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Mengusung mesin berkapasitas 1.6 liter, bisa dibilang Creta memiliki harga yang cukup terjangkau untuk sebuah SUV. Hyundai Creta bermesin 1.6 liter tercatat memiliki harga jual berkisar Rp 200 jutaan.

Meskipun harganya cukup terjangkau, namun Pihak Hyundai Mobil Indonesia mengaku masih pikir-pikir untuk mendatangkan Hyundai Creta ke Indonesia. Menurut mereka, salah satu hambatan terbesarnya yaitu kapasitas mesinnya yang 1.6 bukan 1.5 sehingga akan dikenakan pajak setara dengan mobil berkapasitas 2.0 liter.

"Sebenarnya kita selalu melihat peluang tersebut, dan kami juga melihat peluang yang cukup baik untuk bermain di segmen Low SUV. Namun, kami juga melihat terdapat sebuah hambatan besar untuk menghadirkan mobil ini dengan harga yang terjangkau. Hambatan tersebut yaitu kapasitas mesin mobil ini yang 1.6 liter sehingga akan dikenakan pajak setara dengan mobil 2.0 liter, serta CBU dari India pastinya akan dikenakan pajak yang cukup besar dibandingkan CBU dari Thailand yang 0%," jelas Hendrik Wiradjaja selaku Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia.

Dua faktor hambatan tersebut yang saat ini masih terus dipikirkan jalan keluarnya oleh pihak Hyundai Mobil Indonesia. Menurut Hendrik, beberapa opsi tentunya mungkin saja dapat dilakukan seperti menurunkan kapasitas mesin atau memproduksi mobil tersebut di Indonesia.

Namun hingga saat ini, pihak Hyundai Mobil Indonesia masih terus melakukan studi dan mengamati terhadap beberapa peluang yang ada.

"Segala peluang pastinya jelas ada, namun kita juga harus melihat persaingan di segmen L-SUV ini. Jangan sampai, kita maksa masuk namun memiliki harga jual yang terlalu tinggi. Jika Creta masuk ke Indonesia, tentunya pasti banyak yang berharap akan memiliki harga sekitar Rp 200 jutaan," tutup Hendrik Wiradjaja.

Hyundai Mobil Indonesia sendiri, memastikan bahwa pada tahun 2019 ini pihaknya akan merilis sedikitnya 2 model baru. Sayangnya, mereka masih enggan buka suara terkait mobil apa sajakah yang akan diluncurkan tersebut.

Reporter : Muhammad Ikbal

 

(kpl/ikb/ahm)

BERI KOMENTAR