HOME » BERITA » 2 KESALAHAN MENGOPERASIKAN PEDAL KOPLING MANUAL TOYOTA AVANZA

2 Kesalahan Mengoperasikan Pedal Kopling Manual Toyota Avanza

Kerusakan tersebut bisa saja disebabkan akibat kesalahan sepele yang dilakukan oleh pengemudi, sehingga membuat usia kopling manual jadi lebih singkat.

Minggu, 11 November 2018 12:55 Editor : Nurrohman Sidiq
Ilustrasi Pedal Kopling (autoexpress.co.uk)

OTOSIA.COM - Toyota Avanza dikenal sebagai 'mobil sejuta umat' karena popularitasnya serta pasarnya yang terus berada di ranking teratas Tanah Air.

Bukan hanya matic, varian manual pun menjadi ciri khas Avanza yang banyak diminati konsumen. Salah satu problem yang bisa saja muncul dari varian manual ialah kerusakan pada pedal kopling.

Menurut situs resmi Toyota Indonesia, kerusakan tersebut bisa saja disebabkan akibat kesalahan sepele yang dilakukan oleh pengemudi, sehingga membuat usia kopling manual jadi lebih singkat.

Kesalahan itu antara lain menginjak pedal kopling sepanjang perjalanan. Hal itu acap kali terjadi karena pengemudi malas mengangkat kaki dari pedal kopling dan berpindah saat ingin kembali menginjak pedal.

Akibatnya, proses keausan pada release bearing dan pelat kopling makin cepat.

Faktor lain yang juga berisiko merusak kopling adalah menginjak pedal tidak penuh (setengah kopling) sembari menekan gas agar mobil tidak bergerak turun di tanjakan.

Upaya ini membuat seluruh komponen yang ada di dalam sistem kopling manual jadi cepat rusak.

Tentu biasanya yang terdampak terlebih dahulu adalah pelat kopling, bahkan di kondisi ekstrem bisa tercium bau gosong.

Gunakan rem tangan untuk menahan laju mobil di jalanan menurun. Perlakukan pedal kopling secara halus biar awet dan bekerja optimal.

Cara Menghindari Kerusakan Kopling

Untuk menghindari masa pakai kopling yang singkat, sangat disarankan untuk melepas kaki dari pedal kopling setelah memindahkan gigi transmisi.

Pastikan juga bahwa injakan kaki menekan sempurna agar roda gila (fly wheel) dan pelat kopling tidak lagi terhubung. Gunanya agar memasukkan gigi transmisi jadi lebih mudah dan mengurangi risiko aus.

Setelah memindahkan tuas transmisi, lepaskan pedal kopling secara bertahap dan selaraskan dengan injakan pedal gas.

(kpl/sdi)

BERI KOMENTAR