HOME » BERITA » 2018 JADI TAHUN KEBANGKITAN MOTOR SPORT LEGENDARIS SUZUKI

2018 Jadi Tahun Kebangkitan Motor Sport Legendaris Suzuki

Suzuki telah membangkitkan motor sport legendarisnya di tahun 2018.

Kamis, 13 Desember 2018 15:15 Editor : Cornelius Candra
Generasi terbaru Suzuki Katana (Globalsuzuki.com)

OTOSIA.COM - Beberapa hari belakangan, Suzuki menjadi sorotan para pecinta sepeda motor setelah secara resmi menghentikan produksi Suzuki Hayabusa. Hal itu harus dilakukan karena hyperbike tersebut tak memenuhi standar emisi gas buang Euro-4.

Meski demikian, Suzuki pada tahun ini telah menghidupkan kembali salah satu motor sport legendarisnya, Suzuki GSX Katana. Sportbike bernuansa retro itu melakoni debutnya dalam gelaran Intermot 2018 di Cologne, Jerman.

Menariknya, tampilan Suzuki Katana masih sama seperti model-model terdahulunya. Tengok saja bagian depannya yang memiliki hal-fairing dan headlight kotak serta visor kecil di atasnya. Bagian tangkinya pun dibuat melengkung halus dengan striping minimalis namun tetap agresif.

Sementara itu, sektor belakang dibuat sederhana dengan taillight meruncing. Uniknya, motor legendaris ini tidak menggunakan spakbor seperti motor pada umumnya, tetapi hanya mengandalkan mud-guard tepat di atas roda belakang.

Di sektor dapur pacu, Suzuki Katana mengandalakan mesin 4-silinder 999cc yang ditopang sasis aluminium twin-spar. Selain itu, generasi teranyar sportbike legendaris tersebut dibekali berbagai fitur canggih, seperti traction control, easy start, low-rpm assist, dan speedometer digital.

Berlanjut ke kaki-kaki, Suzuki Katana terbaru mengandalkan suspensi upside-down di depan dan monoshock di belakang. Rodanya menggunakan velg palang (cast wheel) dan dikawal dual-disc brake di depan serta single-disc brake di belakang.

Sebelumnya, Suzuki Katana sempat menjadi perhatian para motorcycle-enthusiast sejak dirilis pada tahun 1979. Namun, motor sport 4-silinder dengan desain buatan Target Design of Germany ini hanya bertahan sampai 1980-an.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR