HOME » BERITA » 2019 JADI TAHUN FACELIFT TERAKHIR HONDA MOBILIO, BENARKAH?

2019 Jadi Tahun Facelift Terakhir Honda Mobilio, Benarkah?

Pemain di segmen LMPV makin padat. Selang dua hari dari peluncuran All New Nissan Livina, Honda Mobilio facelift ikut mengaspal, Kamis (21/2/2019) lalu.

Senin, 25 Februari 2019 19:45 Editor : Dini Arining Tyas
Honda Mobilio facelift 2019 (OTO.com)

OTOSIA.COM - Pemain di segmen LMPV makin padat. Selang dua hari dari peluncuran All New Nissan Livina, Honda Mobilio facelift ikut mengaspal, Kamis (21/2/2019) lalu.

Namun begitu, ubahannya tak signifikan. Honda Prospect motor (HPM) lebih fokus pada tampilan serta fitur, seperti head unit atau meter cluster. Bukan sektor performa atau perangkat keselamatan.

Bahkan beberapa pesaingnya, sudah menggunakan sistem keyless dan start/stop button. Tapi tidak untuk mobilio facelift. Padahal fitur itu sedang hits dan memudahkan pengguna.

Rata-rata, varian tertinggi model LMPV sudah menerapkan fitur tersebut. Sebut saja Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza Veloz, termasuk yang terbaru All New Livina. Sayangnya Mobilio RS tidak ada.

Apakah penambahan fitur ini karena soal ongkos produksi? Asisstant Manager Public Relation Department HPM, Yulian Karfili, tak membenarkan hal itu. HPM bisa saja mengaplikasikannya tanpa mempengaruhi harga jual unit konsumen.

"Kalau masalah cost itu tidak serta-merta naik karena menambahkan satu fitur," jelasnya di Jakarta, Kamis (21/2/2019) seperti dikutip dari OTO.com.

Keabsenan fitur canggih itu salah satunya lantaran predikat facelift. Jika demikian, ubahan model biasanya tak terlalu dalam, lebih mengarah pada tampilan.

Lalu, hal itu seperti mengindikasikan bahwa akan ada All New Mobilio yang akan dibekali fitur start/stop button dan keyless, benarkah?

"Yang sekarang ini kan facelift, lebih ke tampilan. Belum terlalu dalam. Mungkin saja (start/sop button pada Mobilio major changed)," tambah Afi, sapaan akrabnya.

Jika seperti itu skemanya, maka bisa saja facelift kali ini yang terakhir. mengingat LMPV 7-penumpang itu sudah mendekati akhir masa produksi (production cycle), yang rata-rata berlangsung antara 6 tahun, atau paling lama 10 tahun.

Maka Mobilio sudah pantas untuk mendapatkan perombakan total dari segi platform ataupun desain menyeluruh. Honda Mobilio sendiri pertama kali dirilis di Indonesia pada tahun 2014. Hingga kini, Mobilio baru mendapatkan major facelift yang mengubah tampilan muka, pada tahun 2017.

Sumber: OTO.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR