HOME » BERITA » 3 CARA BERSIHKAN KERAK BUSI DAN KESALAHANNYA

3 Cara Bersihkan Kerak Busi dan Kesalahannya

Busi adalah benda yang berfungsi menghasilkan aliran listrik untuk menciptakan bunga api dalam pembakaran mesin. Akan tetapi, aliran listrik itu bisa tidak maksimal gara-gara terhalang oleh kotoran.

Jum'at, 30 November 2018 21:30 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi bersihkan busi sepeda motor (halfords.com)

OTOSIA.COM - Busi adalah benda yang berfungsi menghasilkan aliran listrik untuk menciptakan bunga api dalam pembakaran mesin. Akan tetapi, aliran listrik itu bisa tidak maksimal gara-gara terhalang oleh kotoran.

Halangan pada kinerja listrik pada busi sendiri bisa menyebabkan berbagai hal. Efek maksimalnya bisa menyebabkan kerja mesin tidak stabil, akselerasinya menurun, mungkin juga menyebabkan susah starter.

Pembersihan pun kadang kala dilakukan. Namun, bukan tidak mungkin kesalahkaprahan terjadi di tengah masyarakat. Cek tiga hal yang mesti dilakukan dan diperhatikan dalam urusan membersihkan kotoran di busi ini.

1. Jangan gunakan amplas

Buat petrolhead lawas, amplas busi adalah cara yang sering digunakan untuk membersihkan busi. Kenapa pakai amplas? Soalnya kotoran itu menempel di kepala elektroda dan terlihat layaknya kerak.

Memang, amplas bisa mengikis kerak. Namun, amplas merupakan benda kasar dan keras.

"Kalau diamplas, nanti elektrodanya jadi terkikis. Kalau terkikis, jarak bunga listrik dari elektroda ke ground (logam di atasnya) jadi jauh (dan tidak seharusnya)," kata Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano.

2. Jangan pakai semprotan sembarangan

Semprotan seperti pembersih karat memang kerap jadi andalan. Namun dalam kasus membersihkan busi, cairan ini tidak bisa digunakan.

Menurut Diko, cairan pembersih karat juga bersifat keras, dan sejatinya mengandung bahan logam. Perannya malah akan mengikis elektroda.

3. Gunakan semprotan jenis non-logam

Supaya cairan pembersih tidak malah mengikis elektroda, makanya gunakan jenis cairan pembersih yang sifatnya ringan dan berbahan non-logam.

"Rekomendasi saya, pakai brake cleaner. Setahu saya itu tidak mengandung logam," tambah Diko.(nz)

(kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR