HOME » BERITA » 3 CARA MUDAH MENGHILANGKAN KARAT PADA PELEK SEPEDA MOTOR

3 Cara Mudah Menghilangkan Karat pada Pelek Sepeda Motor

Tak susah, begini cara mudah menghilangkan karat pada pelek sepeda motor Otolovers

Minggu, 13 September 2020 10:15 Editor : Ahmad Muzaki
3 Cara Mudah Menghilangkan Karat pada Pelek Sepeda Motor
Ilustrasi pelek jari-jari dan pelek palang (otosia.com)

OTOSIA.COM - Beragam model pelek motor sudah dijual belikan. Dari dulu hingga sekarang, salah satu model yang banyak dijumpai adalah pelek jari-jari. Namun salah satu masalah yang kerap menghantui pemilik adalah karat.

Kondisi tersebut biasanya muncul, lantaran motor sering melintasi genangan air dan tak langsung dibersihkan. Jika sudah begitu, tampilan kendaraan tentu tak lagi maksimal.

Selain tampilan, karat juga menjadi penyebab utama keropos. Apabila dibiarkan, ban motor akan lebih mudah bocor.

Jika karat sudah terlanjur muncul, pemilik kendaraan bisa menghilangkan masalah ini dengan tiga cara mudah. Berikut ulasannya seperti dilansir Liputan6.com dari laman Federal Oil.

1 dari 3 Halaman

1. Menggunakan Air Soda

Tuangkan air soda murni secukupnya pada lap yang bersih dan lembut. Setelah itu, gosokan pada dibagian pelek yang mulai berkarat. Jangan lupa bilas denga air dan keringkan hingga benar-benar bersih.

2 dari 3 Halaman

2. Menggunakan Tanah

Selain dengan soda, Otolovers pun bisa memanfaatkan tanah liat atau tanah putih untuk membersihkan pelek yang berkarat.

Pertama-tama, basahi tanah liat atau tanah putih secukupnya. Lalu, gosokan tanah tersebut pada bagian pelek yang karatan.Gosok sampai karat benar-benar bersih lalu bilas dan keringkan.

3 dari 3 Halaman

3. Menggunakan Batu Hijau

Batu hijau yang sering dikenal dengan sebutan "watu ijo" ternyata bisa menghilangkan karat pada pelek. Caranya, iris atau haluskan batu hijau dan campurkan dengan minyak kayu putih dan air soda.

Kemudian gosokkan larutan tersebut ke bagian pelek yang berkarat dengan kertas koran secara merata. Apabila sudah bersih, bilas dengan air lalu keringkan.

BERI KOMENTAR