HOME » BERITA » 3 ETIKA SAAT ADA DI TRANSPORTASI UMUM, TATANAN KEHIDUPAN DI MASA NEW NORMAL

3 Etika Saat Ada di Transportasi Umum, Tatanan Kehidupan di Masa New Normal

Kurang lebih ada 3 etika yang harus dipatuhi para pengguna transportasi umum di masa new normal

Selasa, 02 Juni 2020 10:15 Editor : Ahmad Muzaki
3 Etika Saat Ada di Transportasi Umum, Tatanan Kehidupan di Masa New Normal
Calon penumpang mengenakan masker saat menggunakan kereta Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta, Senin (6/4/2020). PT MRT Jakarta tak akan menerima penumpang tanpa menggunakan masker seusai seruan Gubernur DKI Anies Baswedan untuk mencegah penyebaran virus C

OTOSIA.COM - Diketahui hingga kini penyebaran pandemi Corona (COVID-19) di Indonesia masih terus meluas. Tercatat kasus positif per tanggal 01 Juni 2020, pukul 12.00 WIB mencapai 26.940 orang.

Meski kasus Corona terus bertambah, Indonesia kini tengah memasuki kenormalan baru atau yang biasa disebut new normal. Yap, masyarakat harus terbiasa untuk hidup dengan protokol kesehatan yang telah diatur agar penyebaran pandemi Corona (COVID-19) bisa ditekan, namun perekonomian tetap jalan.

Bagi warga yang terbiasa manfaatkan trasportasi umum juga harus bisa beradaptasi dengan new normal ini. Kurang lebih ada 3 etika yang harus dipatuhi para pengguna angkutan massal yang dilansir dari Twiiter @DivHumas_Polri (2/6).

1 dari 1 Halaman

Pertama, tetap jaga jarak. Otolovers harus tetap menjaga jarak dengan penumpang lain, paling tidak ada satu bangku kosong antara satu penumpang dengan penumpang lain.

Hal ini dilakukan agar droplet (percikan saat batuk dan bersin) dari orang lain tak mengenai Otolovers. Kurang lebih harus menjaga jarak sekitar 1,5 meter hingga 2 meter.

Kedua adalah selalu menggunakan masker. Itu sebagai upaya pencegahan COVID-19 karena salah satu cara penularannya melalui droplet. Masker sendiri berfungsi agar area hidung dan mulut tak terkena droplet orang lain dan begitu sebaliknya.

Terakhir adalah kurangi menyentuh fasilitas umum. Karena selain droplet, proses penularan COVID-19 juga bisa melalui barang atau fasilitas umum yang telah terkontaminasi virus Corona.

BERI KOMENTAR