HOME » BERITA » SIRKUIT MANDALIKA: 3 FAKTA MENARIK CALON TUAN RUMAH MOTOGP 2021 DI INDONESIA

Sirkuit Mandalika: 3 Fakta Menarik Calon Tuan Rumah MotoGP 2021 di Indonesia

Selasa, 12 Maret 2019 16:00 Editor : Cornelius Candra
MotoGP (motorbox.com)

OTOSIA.COM - Indonesia akhirnya berhasil mewujudkan cita-citanya sebagai salah satu tuan rumah MotoGP. Berbeda dengan rencana sebelumnya, ajang balap motor itu akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) Abdulbar M Mansoer. Dia menyebut penandatanganan kontrak sudah dilakukan sejak Januari lalu dengan operator MotoGP, Dorna.

Dengan menjadi tuan rumah MotoGP, Indonesia berharap dapat mendongkrak sektor pariwisata baik di Mandalika, NTB maupun Indonesia secara keseluruhan.

Maklum tidak sedikit wisatawan yang hadir untuk menyaksikan ajang sekelas MotoGP. Itu sebabnya seluruh elemen disiapkan dalam ajang balapan motor terbesar di dunia ini.

Mengutip dari Liputan6.com, berikut 3 fakta Sirkuit Mandalika yang akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021:

1. Proyek Bersama

Pembangunan sirkuit jalan raya dilakukan oleh ITDC dengan perusahaan konstruksi asal Prancis, Vinci Construction Grands Projects (VGGP)

Pembangunan akan dimulai Oktober 2019 dan akan memakan waktu kurang lebih setahun atau selesai pada semester II tahun 2020.

2. Target

Untuk tahun pertama setelah sirkuit terbangun, ITDC berharap ada kunjungan wisatawan sebesar 100-150 ribu orang per hari. Selain MotoGP, ITDC juga berharap bisa memakai sirkuit ini untuk ajang balapan lain.

Khusus MotoGP, ITDC berharap bisa menggelar balapan tersebut pada Maret atau Oktober 2021. Semuanya tergantung kesiapan infrastruktur.

3. Biaya

Pembangunan infrastruktur di Mandalika termasuk untuk sirkuit membutuhkan dana Rp 4,54 triliun untuk tujuh tahun

Khusus untuk tiga tahun ini, dana yang akan terserap akan mencapai Rp 3,6 triliun. Sirkuit sendiri akan punya panjang 4,32 km dengan panorama indah di kawasan Mandalika.

Sumber: Liputan6.com

 

 

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR