HOME » BERITA » 3 FITUR PENTING MOBIL BERSTATUS CONNECTED CAR

3 Fitur Penting Mobil Berstatus Connected Car

Saat ini, banyak pabrikan yang mengkalim mobilnya berstatus connected car. Maksudnya, produk yang beredar memungkinkan pengendaranya untuk tetap terhubung dengan dunia luar melalui smartphone.

Senin, 02 Juli 2018 15:15 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi: Erticonetwork.com

OTOSIA.COM - Saat ini, banyak pabrikan yang mengkalim mobilnya berstatus connected car. Maksudnya, produk yang beredar memungkinkan pengendaranya untuk tetap terhubung dengan dunia luar melalui smartphone.

Dengan kata lain, teknologi yang disematkan pada mobil memungkinkan pengendara untuk berkomunikasi dengan orang lain menggunakan smartphone mereka tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi.

Berikut beberapa teknologi yang membuat mobil berstatus connected car dilansir dari Komando.com:

1. Bluetooth dan USB Power Port

Teknologi bluetooth memungkinkan pengendara untuk memutar lagu melalui smartphone tanpa harus menggunakan kabel. Bahkan, beberapa mobil sudah bisa memutar video yang ditampilkan di layar dashboard.

Sedangkan USB port tentunya bisa digunakan untuk mengisi ulang daya baterai smartphone ketika menempuh perjalanan. Slot USB ini juga dapat digunakan untuk memutar lagu yang terdapat pada perangkat penyimpanan seperti flashdisk.

2. Hands-free

Setiap pengendara wajib berkonsentrasi penuh ketika melaju di jalanan. Supaya hal itu tetap terjadi, pihak pabrikan menyematkan teknologi hands-free.

Fitur ini membuat pengendara tetap bisa menerima telepon tanpa harus mencari smartphone mereka terlebih dahulu. Biasanya, sudah terdapat tombol yang terintegrasi dengan stir mobil.

3. Apple Car Play atau Android Auto

Banyak pabrikan yang telah menjalin kerjasama dengan Google dan Apple. Karena itulah, layar pada dashboard kerap dilengkapi dengan Apple Car Play atau pun Android Auto.

Secara garis besar, keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu menghubungkan smartphone dengan layar dashboard. Tujuannya adalah mencegah pengendara harus mencari smartphone terlebih dahulu.

Bedanya, Apple Car Play terhubung dengan iPhone, sedangan Android Auto untuk smartphone bersistem operasi Android. Meski demikian, keduanya bisa dioperasikan tanpa perlu menekan tombol, melainkan hanya dengan suara.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR