HOME » BERITA » 3 HAL PENTING SAAT AKAN GANTI VELG KEKINIAN, SUPAYA TAK JADI BAHAN TERTAWAAN

3 Hal Penting Saat Akan Ganti Velg Kekinian, Supaya Tak Jadi Bahan Tertawaan

Sabtu, 07 Juli 2018 18:45

3 Hal Penting Saat Akan Ganti Velg Kekinian, Supaya Tak Jadi Bahan Tertawaan
Foto : Istimewa
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Megganti velg menjadi hal yang lumrah saat ini. Dengan mengganti velg, kendaraan bisa terlihat lebih menarik.

Bahkan, tak hanya menarik bagi kendaraan tapi juga pemiliknya. Yap, velg pun menjadi ajang pembuktian dan kemapanan jati diri.

Jika otolovers berencana mengganti velg mobil, maka perhatikan tiga hal penting berikut.

Ukuran Velg

Menambah ukutan velg dan ban,memang mampu membuat tampilan mobil menjadi lebih mernarik. Tapi yang perlu dipertimbangkan adalah ruang di dalam fender.

Dengan bertambahnya dimensi velg dan ban, tentunya memerlukan ruang ekstra, agar ban tidak menggerus bagian dalam ataupun bibir fender saat bermanuver.

PCD Velg

PCD atau Pitch Circle Diameter adalah diameter pola baut pada roda. Kalau diperhatikan, jarak antar baut di roda, bisa berbeda pada setiap merek.

Perubahan PCD, perubahan jumlah baut, hingga memodifikasi velg memiliki berbagai risiko karena merubah kekuatan dan geometri sistem penggerak.

Bobot Velg

Bobot velg tak bisa dianggap enteng. Andai saja ban pecah, velg berat akan menyulitkan. Lebih dari itu, bobot velg juga berpengaruh pada keselamatan dan efisiensi bahan bakar.

Bobot velg ini sudah diukur secara teknis dan ekonomis. Dari sisi teknis, berhubungan dengan berbagai hal, misalnya pengereman. Bayangkan berapa daya yang diperlukan saat pengereman jika berat velg melebihi yang sudah distandarkan.

Sedangkan dari sisi ekonomis, ban dan velg yang berat akan membuat mesin bekerja ekstra, hanya untuk menggerakkan roda. Mesin yang dipaksakan tentu saja akan membuat bensin lebih boros.

Sumber: OTO.com

 (kpl/tys)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-7-9
detail

BERITA POPULER