HOME » BERITA » 3 ISTILAH PENYEBUTAN KNALPOT MOTOR

3 Istilah Penyebutan Knalpot Motor

Sabtu, 05 Agustus 2017 08:15

3 Istilah Penyebutan Knalpot Motor
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Knalpot merupakan salah satu perangkat penting dalam sepeda motor, fungsinya untuk meredam ledakan pembakaran dalam mesin. Keberadaannya memang bisa dibilang wajar, namun pernah tidak mencari tahu lebih dalam tentang part ini, minimal tentang penyebutannya.

Bagi para biker, pernah memikirkan atau tidak, kenapa spare part peredam gas buang sepeda motor yang Anda tunggangi disebut dengan knalpot?

Ketika ditelusuri, ternyata penyebutan knalpot tersebut berasal dari kata serapan yang berasal dari bahasa Belanda, dikutip dari wikipedia.org 04/08.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri, Knalpot memiliki arti bagian motor berbentuk pipa panjang yang berfungsi meredam bunyi letupan tempat saluran buangan gas.

Knalpot juga memiliki penyebutan lain dalam bahasa tekniknya, yakni Muffler. Muffler sendiri ketika ditranslasi ke bahasa Indonesia memiliki beberapa arti diantaranya, saringan, selendang dan peredam letus.

Kemudian dalam bahasa Inggris, knalpot juga disebut dengan exhaust. Exhaust juga memiliki beberapa arti diantaranya pembuangan uap, alat pembuang uap dan pipa asap.

(kpl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-8-7
detail

BERITA POPULER