HOME » BERITA » 3 KOMPONEN YANG WAJIB DIPERIKSA SAAT MOBIL TAK MAU MENYALA

3 Komponen yang Wajib Diperiksa saat Mobil Tak Mau Menyala

Ketika mesin mobil susah dinyalakan, alternatif lainnya adalah mendorong mobil. Lalu pengemudi memindahkan persneling ke gigi dua di saat yang bersamaan. Sehingga secara otomatis mesin mobil akan menyala.

Kamis, 04 Juli 2019 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
3 Komponen yang Wajib Diperiksa saat Mobil Tak Mau Menyala
Ilustrasi menyalakan mobil (caoroar.com)

OTOSIA.COM - Ketika mesin mobil susah dinyalakan, alternatif lainnya adalah mendorong mobil. Lalu pengemudi memindahkan persneling ke gigi dua di saat yang bersamaan. Sehingga secara otomatis mesin mobil akan menyala.

Tapi itu cara yang bisa dipakai untuk mobil bertransmisi matik. Bagiamana kalau mobil memakai transmisi otomatis? Salah satu caranya adalah pengecasan aki.

Tapi perlu Otolovers tahu, jika mesin mobil tak susah menyala, sebenarnya tak bisa begitu saja menyalahkan aki. Sebab, persoalan ini bisa karena beberapa faktor. Maka itu Otolovers perlu mengecek tiga komponen berikut untuk mengetahui penyebabnya, seperti dilansir Garda Oto:

1 dari 3 Halaman

Aki

3 Komponen yang Wajib Diperiksa saat Mobil Tak Mau MenyalaAki

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa aki bisa saja menjadi hal pertama yang menyebabkan mobil susah dinyalakan. Sebab aki menjadi komponen yang berfungsi menunjang kelistrikan mobil. 

Kerusakan pada aki terjadi ketika suplai listrik dari aki pada mobil lemah di mana dinamo starter yang menggunakan listrik sebagai sumber energi tak mampu menunjang. 

2 dari 3 Halaman

Brush Dinamo

3 Komponen yang Wajib Diperiksa saat Mobil Tak Mau MenyalaBrush Dinamo

Selain aki, brush dinamo juga perlu diperhatikan. Jika sudah mulai habis, maka wajar kalau mobil susah dinyalakan. Di dalam dinamo starte sendiri ada beberapa komponen, brush atau sikat salah satunya. 

Komponen tersebut punya fungsi menghubungkan arus listrik dari aki ke rotor yang berputar. Kalau brush aus, penyaluran arus listrik dari aki ke rotor menjadi terhambat. Meski aki masih full 12 Volt, tegangan yang sampai ke rotor bisa lebih rendah. Hasilnya, putaran dinamo starter menjadi lebih lambat dan mesin jadi susah dihidupkan. 

 

 

3 dari 3 Halaman

Busi

3 Komponen yang Wajib Diperiksa saat Mobil Tak Mau MenyalaBusi

Komponen terakhir yang wajib diperiksa adalah busi. Komponen yang paling sering disalahkan saat mesin susah hidup ini menjadi salah satu komponen untuk sistem starter mobil.

Jika bagian ini bermasalah, maka mobil tak bisa menyala. Busi yang kotor atau sudah usang juga menjadi dua faktor penyebabnya.

Sumber: Liputan6.com

 

BERI KOMENTAR