HOME » BERITA » 3 LANGKAH ATASI PEDAL GAS MACET SAAT MOBIL SEDANG MELAJU

3 Langkah Atasi Pedal Gas Macet saat Mobil Sedang Melaju

Selasa, 16 April 2019 12:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Bosip)

OTOSIA.COM - Permasalahan saat meneyetir mobil bisa terjadi kapan saja dan berasal dari komponen mobil mana saja. Seperti pedal gas yang tiba-tiba nyangkut alias macet.

Kondisi itu biasanya membuat mobil akan kehilangan kontrol dan rem hampir bisa dipastikan tak berfungsi. Apalagi jika si pengemudi juga ikut panik, bisa berujung fatal. Kecelakaan salah satunya.

Jika terjebak dalam situasi seperti itu, hal paling utama adalah tetap tenang dan jangan panik. Otolovers perlu melakukan beberapa langkah untuk mengatasi situasi ini, seperti dikutip dari Zing.

Pertama, kendalikan diri sendiri. Jangan ambil tindakan gegabah. Karena terkadang tak ada yang tahu reflek seseorang akan seperti apa jika sedang panik.

Kedua, jangan pernah mematikan mesin jika terjebak dalam situasi ini. Sebab, jika mesin tiba-tiba dimatikan, sistem tenaga akan mati. Hal itu akan membuat setir mobil tak terkontrol dan berbahaya. Apalagi jika dalam kecepatan tinggi dan lalu lintas ayng ramai.

Ketiga, oper transmisi ke N. Memang akan butuh effort, tapi pabrikan mobil sudah memperhitungkan hal terburuk saat berkendara. Dengan mengoper gigi ke N, mesin akan terus aktif meskipun throttle macet. Siklus motor juga akan meningkat, tapi drive dari mesin ke roda akan terputus, maka mobil bisa melambat pelan-pelan.

Jika tiga langkah itu sudah dilakukan, selanjutnya injaklah rem perlahan dan pinggirkan mobil sampai mobil berhenti sepenuhnya. Lalu, carilah bantuan dari bengkel dan jangan mencoba untuk menyalakan mesin.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR