HOME » BERITA » 3 RESEP JITU AGAR MUDIK NAIK MOTOR AMAN

3 Resep Jitu Agar Mudik Naik Motor Aman

Penggunaan motor sebagai transportasi untuk mudik memang tak bisa dipungkiri banyak dipilih oleh masyarakat. Meski begitu, mudik menggunakan motor bukanlah pilihan yang aman, mengingat motor merupakan kendaraan paling banyak terlibat kecelakaan dalam musim mudik Lebaran.

Senin, 04 Juni 2018 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto ilustrasi by Liputan6.com

OTOSIA.COM - Penggunaan motor sebagai transportasi untuk mudik memang tak bisa dipungkiri banyak dipilih oleh masyarakat. Meski begitu, mudik menggunakan motor bukanlah pilihan yang aman, mengingat motor merupakan kendaraan paling banyak terlibat kecelakaan dalam musim mudik Lebaran.

Di tahun 2015, sekitar 66 persen kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah sepeda motor. Namun, jika memang terpaksa, berikut 3 tips bagi pemotor terkait faktor manusia menurut koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), Edo Rusyanto.

Pertama adalah menjaga kesehatan fisik. Pantang bersepeda motor dalam kondisi sakit, karena hal ini akan mengganggu konsentrasi dalam berkendara.

"Tanpa konsentrasi mustahil berkendara dengan baik. Karena itu, yang termasuk dihindari adalah berkendara setelah minum obat. Tak perlu memaksakan diri," jelas Edo kepada Otosia, Senin (4/6/2018).

Selanjutnya adalah menjaga stabilitas emosi. Keletihan, dehidrasi, debu, asap, cuaca panas, kemacetan, hingga kebisingan suara kendaraan, bisa memicu stres. Kondisi tersebut bisa memicu emosi tidak stabil. Untuk mengantisipasinya, berhentilah di tempat istirahat ketika tubuh mulai terasa letih.

"Abaikan jika ada provokasi dari pengguna jalan yang lain. Pertebal rasa sabar. Kita mencari selamat sampai tujuan. Bukan selamat sampai duluan," jelas Edo.

Terakhir adalah menguasai teknik berkendara yang aman dan selamat, mulai dari menjaga jarak, saat mendahului secara aman, hingga mengerem yang aman dan selamat.

(kpl/fid/tys)

BERI KOMENTAR