HOME » BERITA » 3 TEKNIK PENGEREMAN KENDARAAN TANPA ABS SAAT DARURAT

3 Teknik Pengereman Kendaraan Tanpa ABS Saat Darurat

Minggu, 23 September 2018 16:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Daihatsu

OTOSIA.COM - Teknologi ABS (Anti-lock Braking System) tak hanya membantu, namun juga mempermudah pengendara ketika melakukan pengereman darurat. Adanya teknologi tersebut mengurangi risiko terjadinya insiden karena ban yang terkunci.

Meski begitu, sayangnya tak semua kendaraan yang beredar di jalan raya saat ini menggunakan ABS, khususnya mobil tua. Namun jangan panik, karena ternyata terdapat trik melakukan pengereman untuk kendaraan tanpa ABS.

Untuk mensosialisasikan teknik tersebut, PT Daihatsu Astra Motor pun mengajak Sahabat Klub Daihatsu dalam sebuah gelaran Daihatsu Club Auto Clinic 2018 bertema Defensiive Driving. Pelaksanaan Daihatsu Club Auto Clinic tahun kedua ini diikuti 80 peserta dari klub MAXXIO (Gran Max Luxio Club Indonesia), CALSIC (Calya Sigra Club), DAI (Daihatsu Ayla Indonesia) dan ZEC (Daihatsu Zebra Club) beberapa waktu lalu.

Daihatsu Club Auto Clinic 2018 dibagi menjadi 7 batch dan bekerjasama dengan GT-Radial. Setiap batch dibagi menjadi 2 sesi yaitu, sesi teori dan sesi praktek. Dengan 2 sesi ini, diharapkan Sahabat Club Daihatsu akan semakin mengerti pentingnya keselamatan dalam berkendara.

“Dengan teknik pengereman yang tepat, kita dapat mengendalikan dan menghentikan kendaraan dengan sempurna, lebih aman bagi diri sendiri dan orang lain. Saat ini sudah banyak mobil yang menggunakan ABS, namun untuk melakukan pengereman tanpa ABS diperlukan teknik yang tepat,” ungkap Executive Coordinator People Development Department – CSVC Division, PT Astra Daihatsu Motor , Ben Faqih, dalam gelaran Daihatsu Club Auto Clinic 2018 bersama Sahabat Klub Daihatsu.

Adapun teknik pengereman untuk kendaraan non ABS yang dapat diaplikasikan oleh pengendara sebagai berikut.

1. Teknik Treshold

Teknik ini dilakukan dengan cara menahan tekana pedal sekitar 90 persen atau mengambang alias tidak sampai mengunci. Hal tersebut membantu agar ban tetap bisa dibelokkan.

2. Teknik Stab

Pengeraman ini dilakukan dengan memainkan atau mengocok pedal rem (tekan, lepas, tekan secara berulang-ulang) dengan secara cepat untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Selain dapat mengurangi kecepatan kendaraan, teknik ini mencegah ban mengunci. Akan tetapi untuk melakukannya diperlukan latihan dengan pendampingan ahli.

3. Teknik Squeeze

Teknik ini mirip dengan stab yakni menekan pedal rem kemudian lepas dan rem kembali, hanya saja pengaplikasianya secara perlahan

Reporter : Muhammad Hafid Asisi

 (kpl/fid/tys)

BERI KOMENTAR