HOME » BERITA » 3 TIPS HAJAR RUTE TANJAKAN ALA MPV MITSUBISHI XPANDER

3 Tips Hajar Rute Tanjakan ala MPV Mitsubishi Xpander

Bagi yang terpikir memiliki Xpander, MPV 7 penumpang ini sudah dilengkapi fitur di rute tanjakan. Kita tinggal memahami dan menggunakannya di rute-rute tanjakan.

Selasa, 30 Maret 2021 09:15 Editor : Nazarudin Ray
3 Tips Hajar Rute Tanjakan ala MPV Mitsubishi Xpander
Tes Xpander di jalan menanjak dan menurun (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Rute tanjakan memberikan tantangan tersendiri bagi pengendara mobil. Apalagi jika bepergian bersama keluarga dalam sebuah MPV.

Bagi mereka yang menggunakan Xpander atau sedang terpikir untuk memilikinya, mobil yang secara kapasitas merupakan sebuah MPV karena muat 7 penumpang ini sudah dilengkapi fitur untuk melaju di rute tanjakan.

Kita tinggal memahami dan menggunakannya di rute-rute tanjakan. Apalagi jika nanti dipakai jalan-jalan keluar kota hingga dataran-dataran tinggi.

1 dari 3 Halaman

Yang pertama, tidak usah khawatir mobil mundur saat tak sengaja lepas gas. Pengguna Xpander sudah didukung fungsi Hill Start Assist (HSA).

Fitur ini sendiri tersedia di Xpander tipe Ultimate dan Sport. Secara prinsip, HSA akan mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik saat akan melaju di jalanan menanjak. Dengan begitu mobil tidak bergerak mundur.

Kapan dia aktif? Saat Xpander berada di posisi tanjakan dan mobil berhenti, lalu saat mobil kembali melaju, HSA akan menahan mobil selama 3 detik agar tidak mundur. Ini merupakan antisipasi ketika pengemudi memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas.

2 dari 3 Halaman

Xpander melahap tanjakan

Yang kedua, sedari awal kita sudah mesti antisipasi untuk pindahkan tuas ke posisi rendah. Di mobil yang menggunakan transmisi otomatis, biasanya ada percepatan terendah, yaitu 1/L (low).

Pindahkan tuas dari mode D (drive) ke L ini ketika menghadapi tanjakan curam atau ketika terjebak macet dan berjalan pelan di tanjakan.

Saat percepatan di posisi rendah, daya puntir lebih maksimal untuk mengantisipasi tanjakan dengan kemiringan yang ekstrem sekalipun. Fungsinya juga berpengaruh untuk kondisi jalan menurun. Sebab, mobil akan menahan kecepatan di gigi terendah (engine brake).

3 dari 3 Halaman

Ketiga, manfaatkan fitur over drive. Di Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross, fungsi ni tersedia dan untuk membantu mendapatkan traksi saat harus melewati tanjakan atau mendahului kendaraan lain dengan cepat.

Fitur over drive tersedia di sisi samping tuas transmisi. Kita cukup tekan tombol "o/d" ini ketika di tanjakan. Gigi akan pindah ke yang lebih rendah supaya bisa mendapat torsi lebih besar.

Di satu sisi, Xpander juga punya yang namanya Active Stability Control (ASC). Fitur yang terdapat di tipe Ultimate dan Sport otomatis bekerja mengontrol laju mobil saat bermanuver di jalanan licin sehingga tidak gampang tergelincir.

Fitur otomatis aktif saat mobil dihidupkan dan ketika mendapat perintah dari komputer atau ECU mobil saat mendeteksi mobil akan terjadi understeer atau oversteer.

BERI KOMENTAR