HOME » BERITA » 3 TIPS SUPAYA TERHINDAR DARI PENCURIAN KENDARAAN

3 Tips Supaya Terhindar dari Pencurian Kendaraan

Jum'at, 09 November 2018 17:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi pencurian mobil (iStockphoto)

OTOSIA.COM - Kasus pencurian kendaraan, baik mobil ataupun motor sering terjadi di tempat-tempat yang tak disangka-sangka. Supaya hal ini tak menimpa Otolovers, ada baiknya untuk mencegahnya dengan lebih waspada.

Sebab, para pencuri saat ini tak butuh lama untuk membobol kendaraan. Bahkan, apabila mobil atau motornya tak dibawa kabur, maka barang-barang berharga pada barang yang giliran menjadi incaran maling.

Namun, ada beragam tindakan preventif agar keselamatan diri, mobil, atau sepeda motor dan aset lainnya tetap aman. Berikut tips dari Mobil88 supaya terhindar dari pencurian.

Pertama

Mulailah kebiasaan aman dengan selalu mengunci pintu mobil dan jangan biarkan mobil tidak terpantau saat hendak beraktivitas ke luar mobil meskipun hanya sebentar.

Misalnya, mengisi bensin, mengambil uang di ATM, dan sejenisnya. Bahkan pastikan pintu terkunci saat kita sedang menunggu di dalam mobil.

Kebiasaan lain adalah tidak menyimpan benda berharga seperti laptop, telepon genggam, kamera digital, dan sejenisnya di dalam mobil.

Apalagi jika disimpan begitu saja di bangku penumpang, posisi ini mudah terlihat dan bisa memicu kriminalitas. Jika terpaksa menyimpan barang di mobil, pastikan posisinya tersembunyi.

Kedua

Beli mobil yang dilengkapi dengan teknologi immobilizer, cukup menguntungkan. Mobil dengan fitur ini hanya bisa menyala jika kuncinya berada di slot starter atau harus ada di dalam mobil.

Mobil jenis ini bahkan ada yang tidak menggunakan slot kunci, namun hanya memakai tombol starter untuk menyalakan mesin.

Dengan demikian, pencuri tidak bisa mengakali lubang kunci starter karena memang tidak ada. Satu-satunya cara adalah dengan membawa serta kuncinya, yang tentu saja selalu kita bawa atau disimpan di tempat aman.

Namun, teknologi tersebut memang hanya tersemat pada mobil keluaran terbaru yang termasuk jenis mobil kelas satu. Namun tenang saja, mobil jenis ini masih bisa didapatkan versi sekennya dengan kondisi yang masih berani diadu.

Ketiga

Menambahkan beberapa aksesori keamanan. Mungkin pengamanan tambahan ini tidak sepenuhnya bisa menghalau pencuri, tapi setidaknya mereka akan kesulitan membobol pertahanan mobil.

Selain aksesori yang bisa dipakai misalnya, memasang kunci setir ketika mobil tidak dipakai dan memasang kawat baja alias sling yang dikombinasikan dengan gembok hardened pada ban.

Selain itu, mobil juga bisa ditanami pelacak GPS pada mobil yang tersinkronisasi dengan smartphone untuk mengetahui posisi mobil secara real time setiap saat.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR