HOME » BERITA » 3 UNTUNG-RUGI RAWAT TERUS MOBIL DI BENGKEL RESMI

3 Untung-Rugi Rawat Terus Mobil di Bengkel Resmi

Mobil dengan riwayat servis di bengkel resmi dinilai memiliki harga jual kembali yang cukup baik daripada rekam jejak perawatan yang tidak jelas.

Selasa, 19 Oktober 2021 21:15 Editor : Nazarudin Ray
3 Untung-Rugi Rawat Terus Mobil di Bengkel Resmi
Ilustrasi servis di bengkel resmi (Istimewa)

OTOSIA.COM - Bengkel resmi kerap kali disingkat beres karena bagaimanapun produsen adalah pihak yang serba tahu terhadap mobil yang dibeli.

Namun, masyarakat kerap kali memilih perawatan di bengkel umum lantaran dianggap lebih hemat.

Hemat memang menjadi satu poin keuntungan. Perawatan tersebut misalnya mengandalkan suku cadang yang seekonomis mungkin.

Akan tetapi, pengguna cenderung mengabaikan hal-hal yang sepatutnya perlu diganti. Hal ini terjadi lantaran ketidaktahuan. Hal ini tidak terlepas dari budaya bahwa jika belum terasa ada yang tidak enak, maka tidak perlu diganti.

1 dari 4 Halaman

Efeknya adalah harga jual kembali. Misalnya saja, muncul bunyi-bunyi aneh pada kendaraan karena minimnya pengetahuan akan perawatan. Bahkan, kerusakan tersebut ternyata sudah berefek pada bagian lain.

"Ketika masa garansi kendaraan tidak berlaku memang cenderung banyak para customer melakukan perawatan di bengkel umum karena faktor biaya yang biasa dibilang lebih rendah," kata Tegar Adisura, Head of After Sales Marketing and Promotion Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

2 dari 4 Halaman

Budaya "lebih hemat" semacam ini sebenarnya semakin hari sudah semakin disadari, termasuk oleh brand seperti Mitsubishi.

Demi menekan harga, Mitsubishi yang memang sudah punya paket perawatan Smart Package menyediakan paket perpanjangan perawatan yang diklaim lebih hemat.

"Saat ini kami punya program Extended Smart Package. Dengan paket ini, customer dapat keuntungan lebih baik, hemat 27 persen," ujarnya.

3 dari 4 Halaman

Ia kemudian mengatakan bahwa perlu dipertimbangkan juga bagi para customer bahwa perawatan kendaraan di dealer resmi memiliki keuntungan, antara lain history kendaraan secara berkala yang tetap tercatat.

Apabila terdapat kerusakan, maka hal tersebut bisa diprediksi terlebih dulu untuk mencegah kerusakan lebih parah di kemudian hari.

4 dari 4 Halaman

"Adanya jaminan genuine parts, dan yang terpenting harga jual kembali akan tetap tinggi karena melakukan perawatan di bengkel resmi," ujarnya.

Satu yang unik, demi menjaga nilai harga jual kembali, Mitsubishi memberikan sertifikasi terhadap mobil-mobil yang telah melakukan perawatan di bengkel resmi apabila akan dijual kembali.

BERI KOMENTAR