HOME » BERITA » 4 CARA BENAR PAKAI SEATBELT MOBIL

4 Cara Benar Pakai Seatbelt Mobil

Dengan cara pemakaian yang benar, seatbelt kemungkinan tak akan menimbulkan cedera lebih serius.

Rabu, 18 Maret 2020 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
4 Cara Benar Pakai Seatbelt Mobil
Penggunaan sabuk keselamatan pada mobil (Ilustrasi/SmartParenting.com.ph)

OTOSIA.COM - Seatbelt atau terkadang juga disebut safety belt adalah satu dari beberapa fitur keselamatan pada mobil. Semua mobil dibekali sabuk keselamatan ini.

Jika dahulu hanya kursi baris depan yang memiliki seatbelt, saat ini fitur tersebut bahkan sudah tersedia untuk baris kedua. Pada beberapa tipe mobil juga tersedia di baris ketiga.

Fungsinya cukup vital, setidaknya bisa menahan penumpang jika terjadi benturan. Meski begitu, penumpang perlu memahami cara penggunaan seatbelt secara benar. Jangan sampai cara yang kurang tepat justru melukai diri pengemudi ataupun penumpang.

"Pahami penggunaan seatbelt itu karena perannya begitu penting untuk keamanan dan keselamatan para pengemudi dan juga penumpang," terang Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha, disitat dari laman Auto2000.

1 dari 1 Halaman

Menurut Agung, ada 4 cara benar mengenakan seatbelt mobil, yakni:

1. Posisi duduk harus sejajar dengan punggung dan sandaran kursi. Hindari menurunkan posisi kursi lebih dari yang dibutuhkan.

2. Jika sandaran diturunkan secara berlebihan, ketika terjadi kecelakaan ikat pinggang bisa melewati pinggang dan menahan perut. Sehingga bisa menyebabkan cedera yang lebih serius.

3. Sangat penting sabuk pengaman ada di bahu penumpang atau pengemudi. Jarak antara dada dan kepala atau bagian atas minimal 25 cm. jadi, jangan meletakkannya di dekat leher atau di bawah ketiak.

4. Jangan sampai sabuk pengaman ditempatkan di perut. Sebab, seatbelt dirancang untuk memberikan kekuatan pada pinggang, sehingga tubuh tidak terlempar ketika terjadi kecelakaan.

BERI KOMENTAR