HOME » BERITA » 4 CARA MENGHINDARI BLIND SPOT KENDARAAN SEPEDA MOTOR

4 Cara Menghindari Blind Spot Kendaraan Sepeda Motor

Meski sepeda motor terlihat tak ada penghalangnya, tapi tetap memiliki area titik buta. Area blind spot sepeda motor ini terletak pada seperempat bagian belakang pengendara.

Jum'at, 25 Oktober 2019 14:45 Editor : Dini Arining Tyas
4 Cara Menghindari Blind Spot Kendaraan Sepeda Motor
Ilustrasi area titik buta sepeda motor (philiplaws.com)

OTOSIA.COM - Blind spot atau titik buta kendaraan bisa membahayakan pengendaranya. Maka itu para pengendara juga perlu memahami di mana letak area titik buta kendaraan, meskipun itu adalah kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Menurut laman Wahana Honda, area titik buta sepeda motor ada di bagian belakang pengendara atau tepatnya seperempat bagian belakang. Para pengendara sepeda motor ada baiknya untuk menghindari titik buta ini.

Berikut cara untuk menghindari area blind spot atau titik buta sepeda motor:

1 dari 4 Halaman

Ganti Spion

4 Cara Menghindari Blind Spot Kendaraan Sepeda MotorGanti Spion

Jangan sembarangan mengganti spion. Spion standar pabrik sudah diranang khusus untuk mengurangi titik buta pada titik paling minimal. Sehingga, menggunakan spion standar pabrik adalah cara termudah untuk menghindari titik buta.

2 dari 4 Halaman

Jaga Jarak

4 Cara Menghindari Blind Spot Kendaraan Sepeda MotorJaga Jarak

Pengendara sepeda motor tetap harus menjaga jarak aman dengan kendaraan lain meskipun terlihat sepele. Jangan terlalu dekat dengan kendaraan yang ada di depan. Kendaraan di depan itu bisa saja tidak mengetahui keberadaan sepeda motor, jika posisi pengendara terlalu dekat.

3 dari 4 Halaman

Stel Spion

4 Cara Menghindari Blind Spot Kendaraan Sepeda MotorStel Spion

Stel spion sesuai kebutuhan. Menyetel spion dengan posisi pas juga bsia mengurangi titik buta sampai ke level paling minimal.

4 dari 4 Halaman

Wajib Pakai Sein

4 Cara Menghindari Blind Spot Kendaraan Sepeda MotorWajib Pakai Sein

Keberadaaan lampu tanda belok atau sein kerap diabaikan, apalagi jika berbelok ke kiri. Padahal penggunaan lampu sein wajib, jika hendak berbelok. Lampu sein ini juga bisa dipakai sebagai peringatan untuk kendaraan lain di depan dan belakang. Seperti ketika hendak mendahului kendaraan lain.

BERI KOMENTAR