HOME » BERITA » 4 CARA MUDAH BIKIN HELM ANTI BAU

4 Cara Mudah Bikin Helm Anti Bau

Cara amenghilangkan bau pada helm bisa dilakukan sendiri. Cara menghilangkan bau pada helm bisa dilakukan dengan empat cara.

Rabu, 03 April 2019 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
ilustrasi (motorcyclist online)

OTOSIA.COM - Selain sepeda motor yang perlu dirawat kebersihannya, helm juga butuh dirawat agar terus wangi. Apalagi helm sering bersentuhan langsung dengan rambut, baunya bisa nempel di rambut.

Selain itu helm kerenmu bakal kelihatan cupu kalau baunya apek. Apalagi kalau baunya sampai nulai ke rambut. Jangan sampai itu terjadi.

Kalau helm sudah mulai bau, Otolovers sebenarnya bisamengatasinya sendiri. Dilansir Wahana Honda, berikut cara mudah mengatasi helm yang bau:

1. Pakai Parfum untuk Helm

Jika bau helm masih belum parah, bisa memberikan cairan pewangi beralkohol rendah. Bisa juga dengna menyemprotkan parfum ke helm tersebut.

2. Cuci Helm Pakai Air Sabun

Kalau baunya sudah masuk kategori kebangetan, semprot pewangi dengan kadar alkohol tinggi diperbolehkan. Tapi jangan lupa utnuk langsung dicuci dengan air sabun.

Kenapa? Supaya sisa alkohol tercampur dengan air dan bisa ikut mengalir bersama bakteri-bakteri jahat yang bikin helmmu jadi tambah bau.

Jangan lupa sekalian menyikat lembut helm ya. Biasanya helm yang bau juga sedikit kotor, ada keringat pengguna yang membaut warna dari cover sponsnya berubah.

3. Pakai Kopi

Cara ini bisa dipakai jika kamu belum sempat mencuci helm. Tapi cara ini cuma bisa menghilangkan bau selama beberapa hari saja, karena bakteri jahat di helmmu belum hilang dengan melakukan cara ini.

Caranya, bungkus bubuk kopi menggunakan kain. Setelah dibungkus, letakkan kain tersebut di dalam helm selama satu malam.

4. Jemur di Terik Matahari

Menjemurnya di bawah sinar matahari adalah salah satu cara untuk menghilangkan dan mencegah kuman dan bakteri jahat di helm untuk berkembang. Selain menghilangkan bau pada helm, menjemurnya di bawah matahari akan membuat spons helm kembali mengembang. Maka helm juga akan semakin nyaman dipakai.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR