HOME » BERITA » 4 CARA MUDAH MERAWAT SELANG REM SEPEDA MOTOR

4 Cara Mudah Merawat Selang Rem Sepeda Motor

Wajib tahu, begini cara mudah merawat selang rem sepeda motor

Senin, 28 September 2020 20:15 Editor : Ahmad Muzaki
4 Cara Mudah Merawat Selang Rem Sepeda Motor
Ilustrasi rem depan sepeda motor (Thedrive.com)

OTOSIA.COM - Pengereman menjadi bagian penting sepeda motor. Oleh sebab itu, Otolovers harus rutin melakukan perawatan pada bagian tersebut. Tidak hanya di piringan cakram atau tromolnya saja, tetapi juga pada selang rem.

Lantas bagaimana cara merawat komponen yang bertugas menghubungkan dua bagian utama rem tersebut? Melansir dari laman Suzuki Indonesia, berikut 4 cara mudah perawatan selang rem.

1 dari 4 Halaman

1. Pemeriksaan Rutin

Otolovers harus rutin melakukan perawatan pada selang rem sepeda motor. Agar nantinya tidak terjadi kebocoran, retak, rusak, atau pun aus.

Kemudian pastikan cairan rem tidak berada di bawah garis batas. Jika demikian, maka Otolovers tinggal menambahkan cairan rem agar sesuai spesifikasi.

2 dari 4 Halaman

2. Jarak Main Tuas

Ternyata jarak main tuas rem memiliki jarak tertentu. Otolovers harus bisa menjaganya. Caranya adalah dengan memutar bagian mur pada rem hingga jarak main tuas 15 sampai 25 mm.

3 dari 4 Halaman

3. Ganti Selang 4 Tahun Sekali

Pada dasarnya selang rem mengandalkan cairan rem dalam pengoperasiannya. Jika tidak ada cairan ini, selang tak akan bisa berfungsi optimal.

Disarankan untuk memeriksa cairan rem setiap menyentuh selisih 2.500 km. Kemudian selang rem sebaiknya diganti setiap 4 tahun sekali.

4 dari 4 Halaman

4. Kampas Rem

Selang rem akan bekerja optimal jika part lainnya memiliki kondisi yang baik juga. Oleh karenanya, Otolovers wajib memeriksa keadaan kampas rem. Sudah mencapai batas pemakaian belum. Jika memang sudah, maka segera ganti baru agar rem motor bekerja dengan baik.

BERI KOMENTAR