HOME » BERITA » 4 DARI 13 MOBIL KEKINIAN MEREK TERNAMA RENTAN DIBOBOLAN MALING

4 Dari 13 Mobil Kekinian Merek Ternama Rentan Dibobolan Maling

Meski dari pabrikan ternama, bukan berarti memiliki sistem keamanan yang sempurna. Hasil pengujian menunjukkan beberapa mobil justru rentan dibobol maling.

Kamis, 05 Maret 2020 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
4 Dari 13 Mobil Kekinian Merek Ternama Rentan Dibobolan Maling
Mazda CX-30 (The Sun)

OTOSIA.COM - Mobil-mobil kekinian mayoritas menggunakan sistem keyless entry. Apalagi, beberapa merek mobil premium. Tapi sayangnya, sistem tersebut masih rawan diretas oleh maling mobil.

Bahkan peretasan sistem tersebut tak butuh waktu lama. Meskipun mobil tersebut dari pabrikan ternama. Melansir The Sun, ahli keamanan Tatcham Research melakukan asesmen pada 13 mobil baru.

Mereka menguji keamanan 13 mobil baru tersebut. Hasilnya, 4 mobil dari 13 mobil itu memiliki sistem keamanan yang buruk. Keempatnya yakni, Mazda CX-30, Subaru Forester e-Boxer XE Premium, MG HS Excite T-GDI, dan Vauxhall Corsa Ultimate Turbo 100.

1 dari 2 Halaman

Keempat mobil itu disebut bisa dengan mudah diakses selama pengujian. Padahal Mazda CX-30 baru saja dinobatkan sebagai salah satu mobil yang paling aman oleh Euro NCAP, saat pengujian ini dilakukan.

Meski begitu, Chief Technical Officer Thatcham Research, Richard Billyeald mengatakan, bahwa faktor kunci mobil tersebut bukan satu-satunya faktor penyebab meningkatkan pencurian belakangan ini.

"Kerentanan sistem keyless terus menjadi perhatian para pemilik mobil. Kami menemukan bahwa Hyundai, MG dan Tesla yang diuji tidak memiliki beberapa langkah keamanan yang bisa diterima secara umum," terangnya.

Berikut daftar rating hasil pengujian 13 merek mobil oleh Thatcham Research:

2 dari 2 Halaman

Subaru Forester e-Boxter XE Premium (The Sun)

1. BMW X6 M50d - Superior

2. BMW 218i Gran Coupe M Sport - Superior

3. Land Rover Discovery Sport D150 - Superior

4. Mini EV - Superior

5. Porsche Taycan Turbo - Superior

6. Skoda Superb - Superior

7. Toyota Supra - Superior

8. Hyundai i10 Premium MPI - Basic

9. Tesla Model 3 - Basic

10. Mazda CX-30 - Poor

11. MG HS Excite T-GDi - Poor

12. Subaru Forester e-Boxer XE Premium - Poor

13. Vauxhall Corsa Ultimate Turbo 100 - Poor

BERI KOMENTAR