HOME » BERITA » 4 FITUR PENYELAMAT KALA HUJAN

4 Fitur Penyelamat Kala Hujan

Sabtu, 17 November 2018 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi berkendara saat hujan (rockycitytimes)

OTOSIA.COM - Fitur melimpah yang diusung mobil-mobil modern tentu memiliki fungsi yang sangat membantu. Saat musim hujan saja, setidaknya ada 4 fitur di mobil yang akan bekerja untuk memberikan kenyamanan berkendara.

Seperti mengutip laman resmi Hyundai Indonesia, berikut 4 fitur yang menjadi penyelamat saat hujan.

Wiper Otomatis

Semua mobil pasti dilengkapi dengan wiper. Tapi beberapa mobil mewah juga ditambah dengan rain sensor. Sehingga ketika hujan turun, pengemudi tak perlu repot mengaktifkan wiper dan mengatur kecepatannya. Sensor hujan pada wiper otomatis itu akan membaca seberapa besar intensitas hujan yang turun dan mengatur kecepatan wiper yang dibutuhkan.

Lampu Kabut alias Foglamp

Bukan sekadar hiasan bumper depan, lampu kabut ini berfungsi sebagai pencahayaan ekstra. Akan sangat membantu saat berkendara di kawasan pegunungan dan hujan deras. Kendati demikian, jangan terlalu sering menggunakan lampu ini, sebab arus listrik yang dibutuhkan semakin besar.

Defogger

Fitur ini adalah fitur pemanas yang bertujuan untuk menghilangkan embun di bagian kaca. Jika berkendara dalam hujan, maka kaca mobil sering kali timbul embun. Sehingga untuk menghilangkannya fitur ini yang akan bekerja.

Fitur ini terbagi dua,yakni untuk kaca depan dan kaca belakang. Cara kerjanya pun berbeda. Pada kaca depan biasanya mengeluarkan hawa panas. Sedangkan kaca belakang biasanya melalui elemen panas. Jika hujan telah berhenti dan kabut di kaca telah hilang, jangan lupa mematikan fitur ini ya.

Control Traction atau Traksi Kontrol

Inia dalah fitur yang mampu menjaga putaran roda dalam kondisi hujan. Biasanya dalam cuaca hujan mobil akan lebih mudah spin atau sliding. Sehingga fitur ini akan membantu pengemudi untuk menstabilkan putaran roda mobil.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR