HOME » BERITA » 4 HAL YANG HARUS DILAKUKAN KETIKA KUNCI MOTOR HILANG

4 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Kunci Motor Hilang

Hal pertama saat kehilangan kunci motor adalah tidak panik. Lalu ada beberapa langkah lain yang perlu dilakukan.

Selasa, 28 Juli 2020 12:15 Editor : Dini Arining Tyas
4 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Kunci Motor Hilang
Kunci motor (Ist)

OTOSIA.COM - Baik kendaraan roda-2 maupun roda-4, kunci memiliki fungsi yang vital. Tapi akibat bentuknya yang kecil, seringkali pemilik susah menemukannya.

Apalagi jika tak sengaja menjatuhkan atau meninggalkannya di suatu tempat, barang penting itu susah ditemukan. Hal itu pula yang sering terjadi.

Maka, ketika kehilangan kunci motor, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pemilik motor. Berikut daftarnya disitat dari laman Suzuki Indonesia:

1 dari 2 Halaman

1. Jangan panik

Saat mengalami kunci motor hilang, jalan terbaik yang pertama adalah jangan panik dan tetap tenang. Pasalnya, jika sudah panik hanya akan membuat pikiran semakin runyam sehingga tidak dapat mengingat dimana terakhir kalinya meletakkan kunci motor tersebut.

Panik juga membuat suasana semakin keruh, sehingga bisa memicu pertengkaran, apalagi jika Anda panik dalam kondisi terburu-buru dan mendesak. Padahal, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kehilangan kunci motor.

2. Gunakan kunci cadangan

Kunci cadangan adalah cara untuk menyelesaikan masalah jika kunci motor hilang. Oleh karena itu, pastikan untuk menyimpan kunci motor cadangan di tempat yang aman dan mudah diingat.

Hal ini bertujuan agar pemilik mudah mengingat dan mengambilnya ketika membutuhkan kunci cadangan tersebut.

Kunci cadangan adalah benda pertama yang paling sering diingat pada saat kehilangan kunci motor.

2 dari 2 Halaman

3. Pakai jasa tukang kunci

Jika tidak memiliki kunci cadangan, maka langkah yang dapat dilakukan ketika kehilangan kunci motor adalah dengan menggunakan jasa tukang kunci. Biasanya tukang kunci dapat dengan mudah membongkar kontak dan membuat motor kembali menyala dengan kunci baru yang dibuatnya.

Dalam hal ini, Anda bisa menghubungi diler karena biasanya menyediakan layanan perbaikan atau penggantian kunci. Tidak hanya di diler, ahli kunci pun sangat mudah dijumpai yang biasanya membuka lapak di pinggir jalan.

Berkaitan dengan pembuatan kunci, dibutuhkan surat kepemilikan kendaraan dan biaya tambahan untuk penggantian kunci. Adapun solusi yang paling murah disini adalah mengganti mata atau gerigi di badan anak kunci.

4. Buat kunci duplikat

Jika Anda tidak memiliki kunci cadangan, dan diler tempat Anda membeli motor tidak menanggung garansi kunci, maka langkah yang dapat diakukan adalah dengan meminta dibuatkan kunci duplikat di tukang kunci.

Meskipun kunci utama hilang, tukang kunci yang terlatih tetap dapat membuatkan kunci duplikat untuk motor Anda. Tukang kunci hanya membutuhkan alat khusus seperti jarum untuk ditancapkan di lubang kunci motor.

Oleh karena itu, setelah motor Anda bisa dihidupkan, mintalah ke tukang kunci untuk segera membuatkan kunci duplikat. Hal ini bertujuan agar ketika Anda kehilangan kunci lagi, dan emilik tetap dapat menyalakan motor dengan menggunakan kunci duplikat.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR