HOME » BERITA » 4 MOBIL YANG MUNGKIN COCOK PAKAI ROBOT

4 Mobil yang Mungkin Cocok Pakai Robot

Selasa, 11 April 2017 19:15

4 Mobil yang Mungkin Cocok Pakai Robot
Hiroshi Ishiguro (foto: Nissan)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Teknologi mobil otomatis atau bisa menyetir sendiri (swakemudi) belakangan jadi isu yang terus berkembang seiring lahirnya berbagai tahapan pertama dari teknologi-teknologi ini, seperti yang dikembangkan oleh Nissan. 

Produsen kendaraan asal Jepang itu mengadakan diskusi dengan ahli robotika yang dikenal dalam mengembangkan robot humanoid replika dirinya sendiri, yakni Hiroshi Ishiguro. 

Profesor di Osaka University itu mengatakan setidaknya empat jenis kendaraan bermotor yang bisa dipasangi robot, selain mobil perkotaan yang belakang sedang banyak dikembangkan.

"Selain di perkotaan, teknologi swakemudi akan sangat berguna di kota kecil dan daerah yang infrastrukturnya belum baik. Misalnya, teknologi swakemudi membantu pengemudi bus lanjut usia untuk lebih santai melalui jalur yang dilewati. Saat ini, saya sedang meneliti swateknologi melalui robot berbentuk manusia (robot humanoid), yang nantinya bisa menjadi mitra bagi manusia," ujarnya.

Tiga mobil lainnya bisa berupa semacam ambulans, lalu juga mobil yang di dalamnya punya teknologi bagi anak-anak autis, bisa juga untuk warga lanjut usia.

"Misalnya, robot humanoid dapat membantu seorang dokter dalam membuat diagnosis, membantu interaksi anak-anak autis ataupun warga lanjut usia, di mana robot dapat menjadi mitra melalui layanan interaktif yang diintegrasikan ke dalam mobil dan membantu mereka dalam segala kondisi, seperti ketika mereka ingin belajar sesuatu, atau membutuhkan sesuatu. Saya percaya, nantinya mobil dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kualitas hidup penggunanya."

 (kpl/why/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER