HOME » BERITA » 45 KATA-KATA MUTIARA TENTANG KEMERDEKAAN, PENUH MAKNA PERJUANGAN

45 Kata-Kata Mutiara Tentang Kemerdekaan, Penuh Makna Perjuangan

Berikut ini kumpulan kata-kata mutiara berkelas tentang kemerdekaan

Senin, 16 Agustus 2021 18:00 Editor : Ahmad Muzaki
45 Kata-Kata Mutiara Tentang Kemerdekaan, Penuh Makna Perjuangan
Ilustrasi bendera merah putih (Bola.com)

OTOSIA.COM - Kemerdekaan merupakan momen yang dinantikan setiap bangsa, termasuk Indonesia. Dalam momen ini, kata-kata mutiara tentang kemerdekaan sangat penting untuk diucapkan dan direnungkan.

Seperti diketahui, Indonesia mempunyai sejarah yang panjang demi menggapai dan merebut kemerdekaan dari para penjajah.

Bagi suatu bangsa negara, kemerdekaan ialah meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya. Sementara untuk seseorang, kemerdekaan bisa diartikan mendapat hak untuk mengendalikan dirinya sendiri tanpa dapat gangguan dari orang lain.

Proklamasi menjadi pernyataan resmi tentang kemerdekaan dan terbebas dari belenggu penjajah. Tepat pada 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan ditandai dengan pembacaan teks proklamasi oleh Presiden Indonesia yang pertama, Soekarno.

Hal itu berarti pada 2021 ini, akan menjadi peringatan ulang tahun ke-76 Republik Indonesia. Beragam cara yang biasanya ditunjukkan rakyat Indonesia untuk merayakan hari ulang tahun kemerdekan.

Hal tersebut sebagai wujud nasionalisme dan mencintai Tanah Air Indonesia. Selain itu, kamu bisa meningkatkan rasa dan jiwa nasionalisme dengan membaca dan membagikan kata-kata mutiara tentang kemerdekaan.

Ada banyak kata-kata mutiara tentang kemerdekaan yang penuh perjuangan. Tak hanya itu, kata-kata mutiara tentang kemerdekaan itu juga bisa membakar semangatmu.

Berikut ini kumpulan kata-kata mutiara tentang kemerdekaan yang penuh makna perjuangan yang dihimpun dari laman Jagokata dan Finansialku, Senin (2/8/2021).

1 dari 5 Halaman

Kata-kata Mutiara Berkelas tentang Kemerdekaan

1. "Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat." - Bung Hatta

2. "Tanpa ekonomi yang merdeka, tak mungkin kita mencapai kemerdekaan, tak mungkin kita tetap hidup." - Soekarno

3. "Kita bangsa yang cinta damai, tetapi lebih cinta kemerdekaan." - Soekarno

4. "Manakala suatu bangsa telah sanggup mempertahankan negerinya dengan darahnya sendiri, dengan dagingnya sendiri, pada saat itu bangsa itu telah masak untuk kemerdekaan." - Soekarno

5. "Di mana ada kemerdekaan di situlah harus ada disiplin yang kuat. Sungguh pun disiplin itu bersifat self dicipline, yaitu kita sendiri mewajibkan dengan sekeras-kerasnya. Dan peraturan yang sedemikian itu harus ada di dalam suasana yang merdeka." - Ki Hadjar Dewantara

6. "Kemerdekaan tidak diberikan begitu saja oleh pihak penindas karena itu sang tertindaslah yang harus memperjuangkannya." - Martin Luther King

7. "Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya." - Sutan Syahrir

8. "Tanpa cinta, kemerdekaan hanya laut hampa. Langit yang tak punya cakrawala!" - Agus Noor

9. "Kemerdekaan merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, tetapi juga merupakan sebuah gedung yang kosong. Menjadi tugas pendukung-pendukungnya untuk mengisi kemerdekaan." - Soe Hok Gie

10. "Sebab kemerdekaan yang tak diperjuangkan, tidak akan pernah dimenangkan." - Najwa Shihab

2 dari 5 Halaman

Kata-kata Mutiara Berkelas tentang Kemerdekaan

11. "Kemerdekaan sauatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa." - Buya Hamka

12. "Kemerdekaan adalah jembatan emas. Jembatan inilah yang leluasa menyusun masyarakat Indonesia merdeka yang gagah, kuat, sehat, kekal, dan abadi." - Soekarno

13. "Kemerdekaan yang gagal diisi hanya akan menjadi narasi yang penuh basa-basi." - Najwa Shihab

14. "Perjuangan kita untuk kemerdekaan dan keadilan merupakan usaha kolektif. Ada di tangan kalian untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi semua orang yang hidup di dalamnya." - Nelson Mandela

15. "Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka. Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka" - Bung Tomo

16. "Kemerdekaan hanyalah dapat dmiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad merdeka atau mati." - Soekarno

17. "Tak ada jalan mudah untuk mencapai kemerdekaan di mana pun. Banyak dari kita berkali-kali harus melewati lembah dengan bayangan kematian sebelum mencapai puncak cita-cita kita itu." - Nelson Mandela

18. "Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga." - Jenderal Soedirman

19. "Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita."

20. "Jika kamu pernah merasakan betapa pedih dan menderitanya dijajah oleh bangsa asing maka kamu akan bisa menghargai setiap darah yang diteteskan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia."

3 dari 5 Halaman

Kata-kata Mutiara Berkelas tentang Kemerdekaan

21. "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia."

22. "Sekarang ini kewajiban kita sebagai anak bangsa adalah mengisi kemerdekaan itu, dengan mengharumkan NKRI, Merdeka!"

23. "Mari saudara-saudara setanah airku, mari kita mengucap segala syukur atas kemerdekaan yang kita dapatkan sekarang."

24. "Jangan pernah bermimpi untuk merdeka ketika kalian sendiri malas untuk mengejarnya."

25. "Merdeka itu hak segala bangsa dan juga hak semua orang, padamkan kebencian antarbangsa dan ciptakan perdamaian antardunia."

26. "Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras."

27. "Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir."

28. "Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan."

29. "Jangan pernah bermimpi untuk merdeka ketika kalian sendiri malas untuk mengejarnya."

30. "Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya."

4 dari 5 Halaman

Kata-kata Mutiara Berkelas tentang Kemerdekaan

31. "Kemerdekaan yang telah puluhan tahun diraih sepatutnya diapresiasi dengan terus berkarya dan berprestasi untuk Indonesia."

32. "Kemerdekaan manusia yang sejati adalah kemerdekaan yang memberi manfaat sebesar-besarnya kepada sesama, tanpa diskriminasi rasial, agama, dan latar belakang sejarah."

33. "Ingat Indonesia bukan hanya Jakarta atau kota besar lainnya. Mereka akan tetap ada dari Sabang hingga Merauke menjadi satu, yaitu Indonesia Merdeka.

34. "Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita."

35. "Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras."

36. "Kemerdekaan ini bukanlah hadiah dari Belanda, kemerdekaan ini tidaklah didapatkan dengan cuma-cuma, kemerdekaan ini adalah tetesan darah para pejuang bangsa."

37. "Hidup ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka bersungguh-sungguhlah dalam berjuang."

38. "Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa adanya kerja keras dan perjuangan. Tidak ada hasil dari perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa."

39. "Merah darahku merupakan ungkapan jika semangat yang terus berkobar tak akan padam sampai pada tetesan darah terakhir. Putih tulangku merupakan mental baja yang tak akan pernah pudar walaupun panasnya peluru menembus tubuh kita yang renta."

40. "Tuhan menciptakan bangsa untuk maju melawan kebohongan elit kalangan atas, hanya bangsanya sendiri yang mampu merubah nasib negerinya sendiri."

5 dari 5 Halaman

41. "Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam."

42. "Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan."

43. "Jangan hanya di medsos saja semangat kemerdekaan dirasakan tetapi juga dalam hati kita tentu harus terus berkobar semangat mengisi kemerdekaan "Dirgahayu Republik Indonesia".

44. "Merah Putih dalam dada berkibar terhempas kibasan sayap burung garuda, untukmu Indonesia tercinta bukti perjuangan para pahlawan bangsa."

45. "Jangan kita serang musuh sebelum mereka menyerang kita. Jika musuh menyerang lebih dahulu, maka akan kita balas dengan penuh perjuangan."

Penulis: Faozan Tri Nugroho

Sumber: Bola.com

BERI KOMENTAR