HOME » BERITA » 5 ALASAN LAKI-LAKI LEBIH PILIH MOBIL TRANSMISI MANUAL KETIMBANG MATIK

5 Alasan Laki-Laki Lebih Pilih Mobil Transmisi Manual Ketimbang Matik

Menggunakan mobil bertransmisi manual sedikit merepotkan. Tapi ada anggapan bahwa laki-laki lebih menyukai mobil manual.

Kamis, 08 Oktober 2020 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
5 Alasan Laki-Laki Lebih Pilih Mobil Transmisi Manual Ketimbang Matik
Transmisi manual (YourMechanic)

OTOSIA.COM - Kondisi jalanan yang semakin padat, membuat orang lebih memilih menggunakan mobil matik. Pasalnya, mobil transmisi otomatis lebih mudah tanpa harus menginjak kopling terlebih dahulu.

Mobil matik lebih mudah, tinggal stop and go. Tak serepot mobil matik yang harus menyeimbangkan menginjak pedal kopling untuk mengganti gigi dan lainnya.

Namun, ada anggapan jika mobil bertransmisi matik hanya cocok digunakan oleh perempuan, sedangkan laki-laki lebih menyukai mobil bertransmisi manual.

Dilansir laman resmi Ibid, ada lima alasan yang membuat kaum hawa lebih menyukai mobil manual:

1 dari 3 Halaman

1. Pemegang Kendali

Bagi pria, kendali harus ada dalam genggaman. Sama halnya seperti remote televisi dimana kita bebas menggonta-ganti saluran sesuka hati, atau saat seorang wanita memasak harus paham bagaimana takaran bumbu, bahan, dan juga besar apinya. Begitu juga dengan kendali pada mobil manual, mereka yang mencintai transmisi tipe ini bisa sesuka hati mengendalikan mobil sesuai keinginan.

Bagi penggemar transmisi ini, transmisi matik dianggap belum cerdas dalam mengganti gigi yang seharusnya. Misal gigi seharusnya sudah berpindah namun mesin masih mempertahankan posisi gigi saat ini.

2 dari 3 Halaman

2. Terlihat Lebih Macho

Anggapan ini tak hanya berlaku di penggemar otomotif Indonesia saja tapi juga di dunia. Ada meme yang mengatakan jika ingin terlihat jantan, maka laki-laki harus mengguanakan tiga pedal.

Tentu saja, ini menciptakan kontroversi hingga saat ini. Karena bahkan kita tahu, mobil balap f1 pun tidak menggunakan pedal dalam mengganti giginya.

3. Mobil Manual Lebih Menantang

Jika kamu menggunakan mobil matik, kamu cukup memindahkan pedal ke posisi D maka mobil akan melaju. Berbeda dengan mobil manual dimana kamu harus melakukan beberapa tindakan dalam satu waktu. Kamu harus bisa multitasking untuk menginjak pedal kolping, memindahkan tuas gigi, dan menekan pedal gas.

Tentu saja ini menambah tantangan tersendiri. Ditambah, lagi jika kamu salah mengatur mesin mobilmu bisa mati atau malah melaju ke arah yang salah.

3 dari 3 Halaman

4. Lebih Ramah Lingkungan

Hingga sekarang, efisiensi penggunaan bahan bakar masih menjadi perbincangan di kalangan pecinta otomotif. Mobil manual dianggap mampu menunjukkan efisiensi penggunaan BBM lebih baik ketimbang mobil matik.

Pada ujicoba EPA (Environmental Protection Agency) di Amerika, setiap mobil dengan transmisi manual rata-rata memiliki tingkat efisiensi 1-2 galon per mil lebih irit dari tipe serupa dengan transmisi matik.

5. Memiliki Akselerasi yang Lebih Responsif

Punya kendali penuh terhadap mobil manual adalah nilai plus dimana kamu bebas mengatur perputaran mesin sekreatif kamu. Tentu saja ini butuh pengalaman dalam melakukannya.

Kendali dalam transmisi manual dapat meningkatkan akselerasi mobil sampai ke titik maksimal dan kecepatan tertinggi. Sedangkan pada transmisi matik, mobil akan otomatis memindahkan gigi sehingga kecepatan otomatis menurun.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR