HOME » BERITA » 5 CARA BEDAKAN BPKB ASLI ATAU PALSU, AWAS TERTIPU

5 Cara Bedakan BPKB Asli atau Palsu, Awas Tertipu

Konsumen diharapkan bisa lebih teliti lagi saat membeli kendaraan bermotor, agar terhindar dari surat-surat kendaraan palsu.

Senin, 11 November 2019 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
5 Cara Bedakan BPKB Asli atau Palsu, Awas Tertipu
Ilustrasi BPKB (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Kendaraan bermotor seperti sudah menjadi keperluan utama bagi masyarakat saat ini. Bahkan, tidak sedikit keluarga yang memiliki kendaraan bermotor lebih dari satu. Pembelian kendaraan bermotor pun bisa dilakukan melalui berbagai cara.

Bisa membeli kendaraan yang baru, bekas, tunai atau kredit. Tapi yang perlu dipahami adalah ketika membeli kendaraan bermotor seken. Selain kondisi fisik dan jeroannya yang harus dicek secara teliti, surat-suratnya pun demikian.

1 dari 2 Halaman

Ciri BPKB Asli dan Palsu

5 Cara Bedakan BPKB Asli atau Palsu, Awas TertipuCiri BPKB Asli dan Palsu

Jangan sampai tertipu membeli kendaraan bermotor dengan harga menggiurkan tetapi surat-suratnya palsu. Bisa panjang urusannya. Menurut TMC Polda Metro Jaya, yang dilansir dari laman Federal Oil, ada lima ciri BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor asli.

Pertama, cover BPKB asli lebih mengkilap dibandingkan BPKB palsu. Kedua, hologram pada BPKB asli tidak berubah dan tetap berwarna silver jika terkena sorotan sinar. Sedangkan hologram BPKB palsu akan berubah warna menjadi kuning atau memancarkan warna kuning.

2 dari 2 Halaman

5 Cara Bedakan BPKB Asli atau Palsu, Awas Tertipu

Ketiga, ada nomor pada bagian bawah hologram yang berfungsi mengkategorikan pemilik kendaraan berdasarkan domisilinya. Sejumlah nomor tidak akan terbaca karena bersifat rahasia yang dimiliki oleh Korlantas Polri.

Keempat, adanya identitas pemilik. Pada BPKB Palsu biasanya akan terlihat seperti sudah dicetak ulang setelah sebelumnya dihapus. Kelima, pada halaman ke-14, logo Korlantas akan muncul jika disinari ultraviolet. Selain itu, kertasnya juga bertekstur kasar mengikuti pola yang ada pada logo.

BERI KOMENTAR