HOME » BERITA » 5 CARA CEGAH MOBIL TIBA-TIBA TERBAKAR

5 Cara Cegah Mobil Tiba-Tiba Terbakar

Sabtu, 11 Mei 2019 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi mobil terbakar (france24.com)

OTOSIA.COM - Pernah melihat kejadian mobil yang tiba-tiba meledak dan terbakar dengan sendirinya? Penyebabnya bukan hanya soal korsleting arus kelistrikan pada mobil.

Otolovers perlu tahu bahwa beberapa faktor lainnya bisa menyebabkan mobil terbakar dengan sendirinya. Jika tak mau hal itu menimpamu, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut seperti dilansir Auto2000 berikut:

1. Parkir dekat Sumber Api

Perhatikan lokasi parkir dan sekitarnya. Jangan parkir di tempat yang berpotensi memicu munculnya api. Misalnya dekat dengan bak sampah. Apalagi jika bak sampah itu baru selesai di bakar. Mesin yang masih panas dan jika ada sampah atau percikan api bisa memicu kebakaran mobil.

2. Menyimpan Barang Rentan Terbakar di Kabin Mobil

Hindari menyimpan barang-barang mudah terbakar di dalam mobil. Seperti tinner, bensin, parfum cair, dan korek api gas. Barang-barang tersebut mengandung bahan aktif yang jika diletakkan di ruang tertutup dengna suhu tinggi, bisa berpotensi menimbulkan api.

3. Meletakkan Barang Mudah Terbakar di Ruang Mesin

Teliti setelah membersihkan atau mengelap ruang mesin. Jangan meninggalkan kain bekas membersihkan sparepart secara sembarangan. JIka terkena sumber panas bisa memicu kebakaran.

4. Modifikasi Mobil

Perhitungkan dengan benar saat hendak memodifikasi mobil. Apalagi yang menyangkut sistem kelistrikan seperti mengubah sistem audio. Jika tak benar, tindakan ini juga bisa memicu kebakaran.

5. Oli Mesin

Jika oli menetes, jangan mengabaikan hal itu. Tetesan oli mesin bisa terbakar bila mengenai bidang panas seperti pipa knalpot. Selain itu, jika tak rutin mengganti oli sesuai ketentuan, maka senyawa kimia dalam ol akan berubah. Perubahan tersebut akan berimbas pada mesin yang cepat panas, komponen di dalamnya aus, dan berpotensi terjadi kebakaran.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR