HOME » BERITA » 5 CARA MEMATIKAN ALARM MOBIL SAAT MENGALAMI GANGGUAN

5 Cara Mematikan Alarm Mobil Saat Mengalami Gangguan

Begini Mematikan alarm mobil dengan mudah. Simak selengkapnya!

Sabtu, 14 Mei 2022 12:30 Editor : Ahmad Muzaki
5 Cara Mematikan Alarm Mobil Saat Mengalami Gangguan
Ilustrasi alarm mobil (Otosia)

OTOSIA.COM - Umumnya, alarm mobil disematkan untuk mencegah terjadinya tindak kriminal. Namun, terkadang alarm juga sering mengalami gangguan. Oleh sebab itu harus dimatikan agar tidak menimbulkan kegaduhan di sekitar.

Biasanya penyebab alarm mengalami gangguan adalah adanya kerusakan pada modul alarm, remot, ataupun sensor. Nah, tapi Otolovers tak perlu khawatir jika sedang berada di kondisi ini. Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah cara silent alarm secara universal.

1 dari 5 Halaman

  1. Menyalakan Mesin Seperti Biasa

Saat alarm mobil kalian tiba-tiba mengalami gangguan dan tidak dapat dimatikan, hal yang dapat kalian lakukan adalah dengan menghidupkan mesin mobil seperti biasa. Di beberapa jenis kendaraan, cara ini bisa diterapkan.

Hal ini dikarenakan alarm akan mendeteksi kunci original yang digunakan untuk menstarter. Tetapi sayangnya di beberapa kendaraan lain cara ini tidak efektif untuk dilakukan, sehingga harus menggunakan langkah lainnya.

2 dari 5 Halaman

  1. Menekan Tombol Silent

Biasanya mobil yang dilengkapi dengan fitur alarm juga mendapatkan remot untuk mengunci dan membuka pintu. Cara mematikannya pun cukup mudah, kalian hanya perlu menekan tombol dengan berlogo tanda silang atau coret. 

Untuk mematikannya kalian perlu menunggu beberapa saat sambil menekan tombol tersebut. Dengan menggunakan cara ini, alarm akan mati sampai dihidupkan kembali menggunakan cara yang sama. 

3 dari 5 Halaman

  1. Menekan Kombinasi Tombol Remot

Tombol silent seperti di atas biasanya tidak melekat di semua jenis remot mobil. Untuk mengakalinya, Otolovers bisa menggunakan tombol lock dan unlock. Penggunaannya pun sama dengan cara di atas, kalian cukup menekan tombol tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa sebelum menekan tombol lock-unlock pastikan semua pintu telah tertutup dengan rapat. Tetapi bisa jadi cara ini kurang ampuh, sehingga disarankan untuk melihat buku panduan. 

4 dari 5 Halaman

  1. Menempatkan Posisi Kunci ACC ON Secara Periodik

Dalam beberapa situasi, mungkin Otolovers lupa menaruh remot atau bahkan hilang. Nah, kalian tak perlu khawatir karena dapat menerapkan langkah di bawah ini untuk mematikan alarm tanpa bantuan dari remot. 

  • Memasukkan kunci pada kontak

  • Memposisikan kunci dalam keadaan on

  • Merubah posisi kunci dari on menuju acc secara berulang dan konstan sebanyak 10x

Tiga cara di atas akan mengakibatkan alarm menjadi disarm. Efek yang akan ditimbulkan ketika kalian menerapkan cara diatas adalah alarm akan menyala secara cepat kemudian mati yang diikuti oleh lampu hazard. 

5 dari 5 Halaman

  1. Melepas Fuse atau Sekring Alarm

Jika semua cara di atas dirasa tidak berhasil, maka jalan terakhir yang harus Otolovers lakukan adalah dengan melepas fuse atau sekring alarm. Hal ini bertujuan agar memutus aliran listrik menuju module alarm. 

Cara lainnya adalah dengan melepas terminal positif baterai. Namun, Otolovers harus berhati-hati karena di beberapa mobil ketika terminal baterai dilepas akan mengakibatkan ecu restart sehingga mobil susah untuk dinyalakan. 

Demikian, cara mematikan alarm secara universal yang dapat diterapkan di rumah masing-masing. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

BERI KOMENTAR