HOME » BERITA » 5 FAKTA MENARIK TENTANG MOBIL KEPRESIDENAN VLADIMIR PUTIN

5 Fakta Menarik Tentang Mobil Kepresidenan Vladimir Putin

Jum'at, 18 Mei 2018 13:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Motor1.com

OTOSIA.COM - Vladimir Putin kembali dilantik sebagai presiden Rusia. Pada kesempatan tersebut, Menteri Industri dan Perdagangan Rusia, sekaligus mengenalkan mobil limosin kepresidenan yang baru keluaran Kortezh.

Dilansir dari Motor1.com, Putin terlibat dalam perencanaan dan riset mobil dinas barunya tersebut. Bahkan, orang nomor satu di Rusia itu pun sempat menjajal prototype Kortezh di sela kesibukannya. Selain itu, limosin ini juga dilengkapi segudang fitur keamanan.

Ternyata, mobil baru Putin ini menyimpan beberapa fakta menarik. Berikut ulasannya:

1. Pabrikan lokal

Kortezh merupakan pabrikan lokal dan merupakan salah satu program pemerintah untuk memajukan produk otomotif dalam negeri. Alhasil, Kortezh pun digagas untuk membuat mobil khusus bagi pemerintahan sejak 2012 silam.

2. Geser Mercedes-Benz

Sebelum menggunakan Kortezh, mobil dinas Vladimir Putin ialah Mercedes-Benz S-Class. Karena kebijakan yang ia buat untuk mendukung produk lokal, mobil asal Jerman itu harus dipensiunkan.

3. Mesin Kortezh

Dapur pacu mobil ini diambil dari Porsche. Mesin tersebut berkapasitas 4.600cc V8 turbocharger. Konfigurasi tersebut mampu menyemburkan tenaga 600 hp dan torsi 881,3 Nm.

4. Bukan yang pertama

Ternyata, penggunaan produk lokal untuk mobil pemerintahan ini bukan kali pertama di Rusia. Sebelumnya, Mikhail Gorbachev dan Boris Yeltsin pernah menggunakan produk dalam negeri, yaitu Zil-41052 dan Zil-4104.

5. Biaya riset

Karena akan digunakan oleh orang nomor satu di Rusia, Kortezh tentunya harus aman dandilengkapi berbagai fitur nomor wahid. Untuk itu, dana sebesar Rp2,7 triliun digelontorkan langsung oleh pemerintah setempat.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR