HOME » BERITA » 5 HAL PENTING SEBELUM BAYAR PAJAK KENDARAAN SECARA ONLINE, KAMU HARUS TAHU

5 Hal Penting Sebelum Bayar Pajak Kendaraan secara Online, Kamu Harus Tahu

Membayar pajak kendaraan lebih mudah melalui program Samolnas, Pemilik kendaraan tak perlu lagi mendatangi samsat untuk membayar pajak.

Senin, 23 September 2019 21:15 Editor : Dini Arining Tyas
5 Hal Penting Sebelum Bayar Pajak Kendaraan secara Online, Kamu Harus Tahu
Samolnas (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Kehadiran program Samsat Online Nasional (Samolnas), diharapkan bisa mempermudah pemilik kendaraan bermotor untuk membayar pajak. Melalui program ini, pemilik kendaraan bermotor tak harus mendatangi Samsat.

Pemilik kendaraan di seluruh wilayah Indonesia dapat melakukan pembayaran online karena program ini berlaku secara Nasional melalui aplikasi mobile atau website resmi.

Meski memiliki kemudahan, ada lima hal yang wajib diketahui pemilik kendaraan yang hendak menggunakan sistem ini.

1. Sistem Samolnas hanya melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor, SWKLLJ dan pengesahan STNK Elektronik untuk jenis kendaraan bermotor mobil penumpang dan sepeda motor (milik perseorangan).

2. Data kendaraan bermotor yang ditampilkan dalam sistem Samolnas yaitu data kendaraan bermotor sesuai dengan identitas NIK yang tidak dalam status terblokir, masalah pidana maupun perdata.

1 dari 1 Halaman

3 Bulan Sebelum Jatuh Tempo

3. Pembayaraan pajak kendaraan bermotor dan SWDKLLJ melalui aplikasi Samolnas dalam dilakukan 3 bulan sebelum jatuh tempo.

4. Stiker regident pengesahan STNK tahunan dan TBPKB akan dikirimkan oleh petugas Samsat melalui jasa pengiriman sesuai dengan alamat yang tertera dalam STNK.

5. Wajib pajak setelah menerima stiker regident pengesahaan STNK tahunan dan TNKB, stiker regident pengesahaan STNK tahunan ditempelkan pada kolom pengesahan STNK sesuai tahun pengesahan.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR