HOME » BERITA » 5 HAL SEPELE PENYEBAB KECELAKAAN

5 Hal Sepele Penyebab Kecelakaan

Jum'at, 08 Februari 2019 20:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi kecelakaan (theparislawfirm.com)

OTOSIA.COM - Ada anggapan bahwa pengemudi yang baik bukanlah dia yang tau bagaiamana cara mengemudi yang benar, tapi dia yang tahu bagaimana menghindari bahaya saat berada di balik setir kemudi.

Nah, melihat anggapan itu, memang tak sedikit pengemudi masa kini yang mungkin masih semaunya sendiri. Padahal mengemudi bisa saja bertaruh nyawa. Terlebih ada orang lain yang berada di dalam mobilnya.

Bahkan, meskipun sudah mengikuti semua anjuran dan aturan mengemudi, beberapa hal diluar kendali bisa saja terjadi dan menyebabkan kecelakaan. Berikut beberapa hal diluar prediksi yang menjadi penyebab kecelakaan versi Cartoq.

Benda silinder di sekitar pedal

Benda-benda berbentuk silinder seperti botol atau bola kecil yang tak sengaja berada di sekitar pedal gas dan kawan-kawannya, bisa jadi berbahaya. Bisa jadi membuat kaki pengemudi tergelincir dan menyebabkan kecelakaan. Maka ada baiknya untuk menyimpan benda-benda macam itu di tempatnya.

Karpet mobil yang tak pas

Bayangkan jika hendak menginjak pedal kopling, tapi ada karpet mobil yang menghalangi. Hal itu bisa membahayakan pengemudi dan penumpang. Maka itu selalu pastikan karpet berada pada posisi yang benar.

Pelapis setir usang atau murah

Setiap bagian mobil yang sudah usang berpotensi menyebabkan kecelakaan. Seringnya, cover setir tak menjadi perhatian. Padahal itu sangat bahaya, karena bisa menyebabkan cedera tangan, terburuknya bisa menghilangkan kontrol dan menyebabkan kecelakaan.

Alas kaki yang tak layak

Ada banyak orang yang mengabaikan hal ini. Alas kaki yang kebesaran atau sandal jepit yang sedikit longgar pun bisa menjadi penyebab kecelakaan. Bahkan, mengemudi tanpa alas kaki dinilai lebih efektif ketimbang menggunakan sandal yang longgar. Tapi jauh lebih baik jika mengemudi menggunakan sepatu.

Posisi duduk

Hal lain yang sering diabaikan adalah posisi duduk. Terlalu ke depan atau terlalu ke belakang sangat tidak dianjurkan saat mengemudi. Sebab, dalam kondisi darurat, posisi duduk bisa memperparah keadaan. Posisi duduk yang benar adalah siku sedikit menekuk dan lutut juga menekuk, sementara punggung tegak.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR